Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Temuan Kerangka Manusia di Lereng Gunung Soka Gegerkan Warga Jepara

Petugas melakukan pemeriksaan terhadap kerangka manusia yang ditemukan di Lereng Gunung Soka. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Penemuan tulang belulang kerangka manusia terjadi di Desa Clering, Donorojo, Jepara. Lokasi penemuannya di kawasan hutan Gunung Soka yang berada di wilayah Desa Clering. Kejadian ini sempat menggegerkan warga, sebelum akhirnya ditangani oleh pihak-pihak terkait yang ada.

Petinggi (Kepala) Desa Clering Ahmad Nasuri mengatakan penemuan tulang belulang kerangka manusia tersebut terkumpul dalam satu area. Pertama kali, kejadian ini dilaporkan oleh Suroto (50), warga Dukuh Soka yang tinggal sekitar 500 meter dari lokasi penemuan.

“Kemarin siang (Senin, 25/1/2021-red), pak Suroto ini menemukan tulang belulang itu saat mencari rumput. Karena yakin bahwa itu adalah tulang belulang manusia, akhirnya ia melaporkan ke pihak berwenang. Di antaranya ke kami, Polsek Donorojo dan Camat,” ujar Ahmad Nasuri, Selasa (26/1/2021).

Kerangka yang ditemukan, setelah diperiksa memiliki panjang sekitar 170 Cm dan diduga kuat merupakan manusia berjenis kelamin laki-laki. Setelah dilaporkan, petugas Polsek Donorojo langsung mendatangi lokasi penemuan.

“Saat ini petugas tengah melakukan pemeriksaan terhadap kerangka belulang tersebut. Tidak ada bukti apapun yang menunjukan identitas dari manusia yang tinggal tulang belulang tersebut,” ungkapnya.

Dari informasi warga setempat, lanjutnya, sekitar 1,5 bulan lalu ada beberapa warga melihat orang yang diduga mengalami gangguan jiwa berjalan ke arah bukit Soka tersebut. Namun sejak itu, tidak ada lagi yang melihat orang itu turun kembali dari bukit Soka.

Dari situ, muncul dugaan bahwa tulang belulang yang ditemukan tersebut adalah jasad laki-laki yang tidak dikenal tersebut.

“Karena memang tidak diketahui identitasnya, maka setelah dilakukan pemeriksaan dan identifikasi oleh polisi, kerangka manusia yang ditemukan itu akhirnya diputuskan langsung dimakamkan oleh warga. Pemakamannya dilakukan di Pemakaman Umum Dukuh Soka oleh warga setempat,” tambah Ahmad Nasuri.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...