Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PPKM di Pati Resmi Diperpanjang Dua Pekan Mulai Hari Ini

Petugas gabungan saat melakukan operasi pemberlakuan jam malam (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Mulai hari ini (26/1/2021) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga dua pekan ke depan. Hal itu menyusul adanya Surat Edaran (SE) bupati Haryanto nomor 440/138.

Haryanto mengatakan, selama pemberlakuan PPKM pada 11-25 Januari, diakui cukup banyak perubahan, terutama ketaatan masyarakat yang semakin meningkat. Karena itu, ia berharap selama PPKM du pekan ke depan hal itu bisa lebih ditingkatkan agar pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 dapat lebih maksimal.

“Alhamdulillah ada peningkatan. Dari yang sebelumnya zona merah, kini kita sudah kembali ke zona oranye. Ketaatan masyarakat untuk prokes sudah meningkat,” katanya, Selasa (26/1/2021).

Dalam perpanjangan PPKM itu, pihaknya juga mengaku tidak banyak perubahan. Hanya saja, untuk jam tutup swalayan sedikit dilonggarkan. Apabila sebelumnya tutup pada pukul 19.00 WIB, dalam SE baru ini swalayan tutup pukul 20.00 WIB.

“Kami berikan kelonggaran satu jam. Begitu juga dengan pedagang lain seperti PKL, boleh buka hingga jam 21.00 WIB, termasuk aktivitas masyarakat,” imbuhnya.

Kendati demikian, dia juga mengakui bahwa angka kematian Covid di Pati masih menempati posisi pertama di Jawa Tengah. Selain itu, untuk tenaga kesehatan (nakes) yang meninggal menempati urutan keempat. Kemudian perawat yang meninggal ada di posisi kelima di Jateng.

“Kematian masih tinggi, tapi untuk suspect dan konfirmasi sudah melandai,” tegasnya.

Dirinya berharap, dengan adanya perpanjangan PPKM ini, masyarakat tetap menaati prokes. Petugas gabungan pun secara rutin akan berkeliling untuk memastikan tidak adanya kerumunan masyarakat.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...