Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BKM Kelurahan Kuripan Grobogan Salurkan Bansos Bagi 100 Warga Terdampak Pandemi

BKM ‘Bima Sakti’ Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi menyalurkan bansos. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) ‘Bima Sakti’ Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi, Grobogan menyalurkan bantuan sosial (bansos) bagi warga setempat yang terdampak pandemi Covid-19, Senin (25/1/2021). Penyerahan bansos dilangsungkan di pelataran komplek makam Ki Ageng Getas Pendowo.

Total ada 100 warga yang menerima bansos dalam bentuk uang tunai tersebut. Namun, dalam penyerahan bansos ini hanya dilakukan secara simbolis kepada beberapa perwakilan penerima saja dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sekadar diketahui, BKM merupakan salah satu bagian dalam program kota tanpa kumuh (Kotaku) dari Kementerian PUPR.

BKM adalah wadah berkumpulnya individu berjiwa relawan, bijak, transparan, akuntabel, amanah dalam mengoordinir penanganan kumuh, dan memiliki empati terhadap masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ada di wilayahnya.

Koordinator BKM Bima Sakti Kelurahan Kuripan Suyatmo mengungkapkan, para penerima bansos itu benar-benar merupakan warga yang kondisinya sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid-19. Para penerima ini sebelumnya sudah didata dan disurvei langsung kondisinya.

Dijelaskan, bantuan yang diberikan tersebut diambilkan dari alokasi jasa unit pengelola keuangan (UPK) untuk pos dana sosial. Ia berharap, bantuan yang diberikan bisa mengurangi mengurangi beban kesulitan warga yang terdampak pandemi.

“Nilai bantuannya memang tidak seberapa besar. Meski demikian, kami harapkan bisa sedikit mengurangi beban warga yang sudah cukup lama terdampak pandemi ini,” katanya.

Pihaknya juga berharap pemberian bansos seperti ini juga bisa dilakukan pihak lain di lingkungannya masing-masing.

Suyatmo mengingatkan pada masyarakat bahwa pandemi ini belum berakhir. Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari agar terhindar dari penularan Covid-19.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...