Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Warga Luar Daerah Diminta Tunda Wisata Religi ke Kudus Selama PPKM

Petugas makam Sunan Muria memeriksa suhu peziarah yang akan masuk. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Masyarakat luar daerah diminta untuk menunda keberangkatanya melakukan perjalanan wisata religi ke Sunan Muria ataupun Sunan Kudus selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berlangsung.

“Bagi masyarakat di luar Kabupaten Kudus yang ingin berwisata religi lebih baik sementara ditunda dulu. Sampai PPKM tahap kedua ini selesai,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwista (Disbudpar) Kabupaten Kudus Bergas Catursasi Penanggungan, Senin (25/1/2021).

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan sesuai intruksi Plt Bupati Kudus HM Hartopo, wisata religi sementara hanya diperbolehkan untuk wisatawan lokal. Dan jika masih ditemukan peziarah luar daerah yang masih nekat akan disuruh putar balik oleh petugas.

“Semua stakeholder di kawasan Colo, juga hanya memperbolehkan kunjungan ke wisata religi hanya untuk warga lokal saja. Dan protokol kesehatan di wilayah itu juga akan diperketat,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Desa Colo M Destari Andryasmoro mengatakan kawasan Colo sudah menyiapkan puluhan satgas protokol kesehatan dari berbagai organisasi. Mulai dari pemerintah desa, Yayasan Makam Sunan Muria, organisasi ojek hingga pedagang.

“Dari kami (Pemdes) sudah menyiapkan 20 personel yang akan bergantian dan berkolaborasi dengan satgas dari Disbudpar. Untuk memastikan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) selalu diindahkan di kawasan Desa Colo,” ungkapnya.

Baca: Masih Banyak Peziarah Luar Kota Kucing-Kucingan Datang ke Colo Kudus Selama PPKM

Ia menyatakan, di Kawasan Colo sendiri hanya wisata religi yang masih dibuka, namun dengan pembatasan-pembatasan sesuai intruksi pemkab. Sementara untuk wisata lain, seperti tempat camping hingga air terjun ditutup selama PPKM berlangsung.

“Semaksimal mungkin kami antisipasi agar tidak peziarah luar daerah yang datang. Dan protokol kesehatan diberbagai sektor juga akan terpantau oleh satgas dari masing-masing sektor yang ada di Kawasan Colo,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...