Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gubernur Jateng Dukung Rencana Kemenhub Gunakan GeNose di Stasiun dan Terminal

Gubernur dan Wagub Jateng Ganjar Pranowo-Taj Yasin saat memimpin rapat penanganan Covid-19. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggunakan GeNose C19, buatan Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai alat uji resmi Covid-19 bagi penumpang di stasiun kereta api dan di terminal. Sebanyak 200 GeNose telah dipesan dan akan ditempatkan di puluhan stasiun dan terminal di Jawa dan Sumatra.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan mendukung upaya tersebut. terlebih sebelumnya ia juga telah mengusulkan pada pemerintah pusat untuk menggunakan GeNose C19 sebagai alat uji resmi Covid-19 di Indonesia.

Alat buatan UGM tersebut dinilai sangat efektif dan membantu proses testing dan tracing, karena cepat, murah dan hasilnya sudah teruji.

Ganjar sendiri telah memesan 100 unit GeNose untuk digunakan di sejumlah puskesmas dan layanan publik di Jawa Tengah.

“Saya kira bagus, kalau itu bisa dilakukan di seluruh instansi publik yang lain, tentu akan sangat membantu untuk bisa lebih cepat mengetes dan melakukan tindakannya,” kata Ganjar usai rapat penanganan Covid-19, Senin (25/1/2020).

Terkait dampak tingginya angka kasus Covid-19 dengan peningkatan testing dan tracing menggunakan GeNose, Ganjar mengatakan tak perlu khawatir. Sebab menurutnya, kalau meningkatnya kasus itu karena hasil testing, maka penangananya jauh lebih baik.

Justru yang bahaya lanjut Ganjar adalah jika testing tidak dilakukan secara massif. Orang yang terkena Covid-19 tidak terdeteksi dan berkeliaran menularkan pada yang lain.

“Kalau dites kan kita cepat tahu, terus dilakukan tindakannya. Kalau tidak tahu dan berkeliaran kan bahaya. Maka jangan pernah takut kalau nanti itu melonjak tinggi, karena memang hasil tes. Testing itu penting untuk kita mengetahui faktanya seperti apa,” tegasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...