Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Stok Darah PMI Kudus 25 Januari Ada 242 Kantong

Humas Unit Donor Darah (UDD) PMI Kudus Praptiningsih mengecek stok darah. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus –  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus menginformasikan stok darah yang masih tersedia di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kudus Senin (25/1/2021).  Total yang tersedia untuk golongan darah A, B, AB dan O, sebanyak 242 kantong.

Humas UDD PMI Kudus Praptiningsih merincikan, untuk golongan darah A ada sebanyak 80 kantong. Dengan rincian,  jenis darah WB-PRC ada 79 kantong dan jenis darah TC ada satu kantong.

Kemudian untuk golongan darah AB ada 13 kantong. “Golongan darah AB seluruhnya jenis darah WB-PRC,” katanya, Senin (25/1/2021).

Sementara untuk golongan darah O ada sebanyak 85 kantong, yang semuanya merupakan jeniis darah WB PRC. Sedangkan, untuk golongan darah B ada sebanyak 64 kantong. Terdiri dari 62 kantong jenis darah WB – PRC dan dua kantong jenis TC.

“Hari ini sampai pukul 11.00 WIB kami jemput bola donor darah di PT Armand, Sengon Bugel Jepara. Pukul 12.00 -16.00 WIB kami ada di  PT Cama dan PT Roberta. PMI Kudus juga setiap harinya tetap melayani donor darah di Kantor PMI Kudus,” ujarnya.

Terpisah, Kepala  UUD PMI Kudus dr Arief Adi Saputro mengatakan, setiap bulannya stok darah di PMI Kudus belum tergolong ideal. Pasalnya saat pandemi jumlah pendonor cenderung berkurang dari sebelum adanya pandemi.

“Apalagi saat ini musim hujan, permintaan untuk darah untuk pasien demam berdarah dengue (DBD) juga ada. Dan saat PPKM ini kami hanya bisa memaksimalkan donor darah di kantor dan di sejumlah perusahaan,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...