Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hartopo Orang Kudus Pertama di Kudus Disuntik Vaksin Covid-19

Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat akan disuntik vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menjadi orang pertama yang disuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac di Kabupaten Kudus. Penyuntikannya sendiri, dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus, Senin (25/1/2021) pagi.

Usai Hartopo, unsur pimpinan daerah lainnya seperti Kapolres dan Dandim Kudus juga turut disuntik vaksin. Ketua forum pemuka agama Kudus juga turut disuntik.

Mereka disuntik oleh dokter spesialis anastesi yang juga sebagai Ketua Komite Medis RSUD Loekmono Hadi dr Noor Hadi.

Dalam sambutannya sebelum divaksin, Hartopo menyampaikan kepada masyarakat untuk percaya terhadap vaksin Covid-19 ini. Terlebih, vaksin tersebut sudah diuji secara klinis oleh dua instasi terpercaya.

Yakni Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) “Jadi sudah aman dan halal,” kata Hartopo.

Pihaknya juga berharap masyarakat tidak usah mempercayai hoaks yang beredar terkait keberadaan vaksin ini. “Dianggap variasi saja, jangan dihiraukan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Kudus mendapat alokasi vaksin Sinovac sebanyak 11.280 dosis. Jumlah tersebut, akan disuntikkan kepada 5.618 tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Kabupaten Kudus.

Pelaksanaan vaksinasi alokasi pertama sendiri akan dilakukan di sejumlah fasilitas kesehatan. Yakni di 29 faskes. Rinciannya, ada di 19 puskesmas, dua klinik, dan delapan rumah sakit.

Pelaksanaan vaksinasi tahap satu sendiri akan menyasar sebanyak 5618 nakes. Dengan target rampung pada 28 Januari 2021 mendatang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...