Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Vaksin Sinovac Mulai Didistribusikan ke Puskesmas di Jepara

Vaksin Covid-19 di Kabupeten Jepara didistribusikan ke puskesmas. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Setelah tiba di Jepara, Sabtu (23/1/2021) petang, vaksin Covid-19 Sinovac langsung didistribusikan pada masing-masing Puskesmas, Minggu (24/1/2021) hari ini. Sebanyak 8.820 dosis vaksin rencananya akan disuntikan untuk 4.410 tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Jepara.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara dr M Fakhrudin menyatakan, distribusi ke masing-masing Puskesmas dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

Gudang penyimpanan vaksin di DKK Jepara juga dijaga ketat oleh petugas dari Polres Jepara sejak kedatanganya pada Sabtu (23/1/2021). Di masing-masing Puskesmas, vaksin yang diterima disimpan di ruang penyimpanan yang sudah disiapkan. Untuk selanjutnya, juga akan dijaga oleh petugas keamanan.

“Hari ini, vaksin langsung kami distribusikan ke masing-masing Puskesmas. Sehingga besok (Senin, 25/1/2021) pemberian vaksin sudah bisa dilakukan,” ujar dr M Fakhrudin, Minggu (24/1/2021).

Pencanangam vaksin Covid-19 di Kabupaten Jepara, rencananya akan dilaksanakan Senin (25/1/2021) siang. Pada kesempatan pertama, Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama para pejabat Forkompimda Jepara akan divaksin Covid-19.

Penyuntikan vaksin covid terhadap para pejabat ini akan menandai dimulainya vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jepara. Selanjutnya akan disusul dengan pemberian vaksin kepada para tenaga kesehatan di masing-masing Puskesmas dan rumah sakit.

Baca: Vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Jepara Tiba, Disimpan di Gedung Farmasi DKK

Khusus untuk vaksin yang akan diberikan untuk para pejabat sudah ada alokasi tersendiri. Pemerintah memberikan alokasi vaksin sebanyak 20 dosis untuk 10 pejabat esensial di Kabupaten Jepara.

Sehingga tidak mengurangi alokasi vaksin yang akan diberikan untuk tenaga kesehatan. Setiap orang yang akan divaksinasi akan mendapatkan suntikan sebanyak dua kali. Masing-masing suntikan akan dilakukan dengan interval waktu 14 hari.

“Jadi vaksin Covid-19 yang Sinovac ini memang harus diberikan dalam dua kali suntikan. Masing-masing diberikan dengan interval waktu 14 hari. Makanya jumlah dosis yang diberikan jumlahnya dua kali lipat dibanding jumlah yang akan disuntik vaksin,” terangnya.

Sementara itu, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Jepara masih terus bertambah. Sampai Sabtu (23/1/2021) malam jumlah keseluruhan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Jepara mencapai 5.463.

Dari jumlah ini sebanyak 5.235 di antaranya melibatkan warga masyarakat Jepara. Sedangkan kasus baru yang muncul pada Sabtu (23/1/2021) malam, sebanyak 32 kasus. Dua kasus di antaranya melibatkan masyarakat dari luar Kabupaten Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...