Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Api Pawon Belum Dimatikan, Rumah Warga Boloh Grobogan Terbakar

Petugas damkar dan warga sedang berupaya memadamkan kebakaran rumah di Desa Boloh, Grobogan. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Kebakaran menimpa rumah warga Desa Boloh, Kecamatan Toroh, Grobogan, Sabtu (23/10/2019). Rumah yang terbakar diketahui milik Masruri (50), warga yang tinggal di Dusun Boloh RT 03, RW 05.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, sekitar pukul 07.00 WIB, korban sempat memasak air di atas tungku tradisional atau pawon menggunakan kayu bakar. Setelah itu, korban pergi ke sawah yang jaraknya sekitar 500 meter dari rumah.

Sekitar pukul 09.00 WIB, beberapa warga melihat ada kepulan asap tebal dari rumah korban di bagian belakang. Setelah dicek, rumah korban di bagian dapur itu sudah terbakar.

Selanjutnya, puluhan warga langsung berupaya melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Namun, upaya pemadaman ini tidak bisa dilakukan dengan mudah karena kobaran api sudah terlanjur membesar.

Amukan api akhirnya bisa dipadamkan menyusul adanya bantuan armada damkar dari Pos Induk Purwodadi.

Akibat kejadian itu, rumah bagian belakang mengalami kerusakan cukup parah. Sementara untuk bangunan utama masih bisa diselamatkan dari amukan si jago merah.

Kapolsek Toroh AKP Darmono mengungkapkan, bangunan rumah bagian belakang yang dipakai untuk dapur itu berbentuk limasan ukuran 14 x 14 meter dengan bahan kayu. Akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian material sekitar Rp 10 juta.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut. Untuk nilai kerugiannya sekitar Rp 10 juta. Adapun penyebab kebakaran diduga disebabkan dari api pawon yang lupa dimatikan saat dipakai memasak air,” katanya.

Terkait peristiwa itu, ia mengimbau kepada warga agar senantiasa waspada terhadap bahaya kebakaran meskipun pada waktu musim hujan.

Dia mengingatkan, sebelum meninggalkan rumah, warga diminta memeriksa kompor, bediang untuk memastikan kondisinya sudah tidak menyala. Selain itu, pengecekan peralatan listrik yang dapat memicu terjadinya kebakaran juga perlu dilakukan.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...