Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

12 Jenis Saus Andalan, Jadi Alasan Olahan Kepiting Bandar Seafood Kudus Istimewa

Olahan kepiting ala Bandar Seafood di Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Olahan laut menjadi salah satu makanan yang digemari banyak pihak. Salah satunya seperti kepiting yang kerap menjadi salah satu buruan untuk para penikmat seafood.

Bahkan para penikmat seafood pun biasanya tak segan merogoh kocek dalam untuk bisa menikmati kepiting dengan berbagai macam olahan yang mampu membuat lidah bergoyang.

Olahan kepiting juga menjadi salah satu best seller di salah satu restoran di Kudus ini. Restoran tersebut bernama Bandar Seafood yang berada di area Food Court Jok Seum di Jalan Musem Kretek, Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus.

Pemilik Bandar Seafood Ardian Guritno mengatakan, penikmat kepiting bisa menikmati olahan kepiting dengan beraneka macam saus andalan.

Mulai saus original spesial bandar, saus guilin, saus vietnamese, saus singapore, saus schezuaan, saus black papper, saus barbeque hingga saus cantonese.

“Total saya punya 12 saus pilihan yang bisa dinikmati. Rasa saus di sini belum tentu bisa ditemukan di tempat lain. Karena saya menggunakam kiblat Chinese food yang kami modifikasi dan semuanya racikan sendiri,” katanya, Sabtu (23/1/2021).

Pemilik restoran Bandar Seafood Ardian Guritno menunjukkan olahan best seller kepiting (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Saus original Bandar Seafood yang menjadi salah satu paling laris. Dengan saus tersebut tidak akan menghilangkan rasa khas dari kepiting itu sendiri.

“Kalau saus original ini kami masaknya pakai salt butter dan jeruk lemon. Jadi rasa dan tekstur asli kepiting itu tetap bisa dinikmati,” ucapnya.

Selain saus original bandar, saus guilin juga kerap jadi salah satu pilihan para pecinta kepiting. Dengan pepaduan bumbu bawang putih, cabai kering dan berbagai macam rempah bumbu yang bisa memanjakan lidah dengan rasa yang didominasi dengan karakter pedas dan gurih.

“Selain saus original bandar, karakter saus lain seperti guilin ini cenderung lebih strong,” jelasnya.

Dalam mengolah masakan kepiting, dirinya tak pernah menggunakan kepiting mati. Jadi kepiting yang disajikan bisa dipastikan tetap segar dan fresh. Bandar Seafood juga menyediakan kepiting bertelur.

“Bahan baku itu penting, saya selalu menggunakan kepiting yang masih segar atau masih hidup. Tentu jika dibandingkan dengan olahan dari kepiting yang sudah mati, rasanya akan jauh berbeda,” ungkapnya.

Untuk harga ia mematok per ons mulai Rp 20 ribu hingga Rp 35 ribu.

Bagi yang tak suka dengan kepiting, Bandar Seafood juga menyediakan olah lain yang bisa menjadi pilihan para penikmat kuliner seafood. Mulai dari lobster, cumi, baby octopus, kerapu, hingga aneka kerang, seperti kerang hijau,  kerang batik, dan kerang srimping.

Di tempat ini juga menyediakan pilihan menu makanan lain bagi pecinta kuliner yang memiliki alergi dengan seafood. Seperti nila, gurami, nasi goreng, aneka olahan mi, kwetiau, hingga cap cay.

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...