Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perbaikan Dua Jalan Penghubung Antarkecamatan di Pati Dianggarkan Rp 15,5 Miliar

Sejumlah pengendara melaju di jalan Jakenan-Jaken yang rusak dan beegelombang. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Dua jalan yang merupakan penghubung antara kecamatan, yakni Jalan Jaken-Jakenan dan jalan Winong-Pucakwangi, tahun ini bakal diperbaiki. Tak tanggung-tanggung, pemerintah tengah menyiapkan Rp 15,5 miliar yang diambilkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kasi Peningkatan Jalan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati Hasto Utomo mengatakan, untuk perbaikan dua jalan penghubung antarkecamatan tersebut sebenarnya sudah dianggarkan sejak 2020 lalu. Hanya saya, pada saat itu anggaran terkena refocusing untuk penanganan Covid-19 di pati.

“Sehingga pengerjaannya pun tertunda dan baru tahun ini mendapatkan DAK lagi sebesar Rp 15,5 miliar,” ungkapnya, Jumat (22/1/2021).

Dengan anggaran tersebut, untuk jalan Kecamatan Jaken – Jakenan sendiri disiapkan anggaran Rp 8 miliar. Sumbernya adalah dari DAK regular yang sedianya untuk memperbaiki tiga titik jalan.

Namun karena anggarannya yang sedikit, pengerjaan pun difokuskan untuk satu titik jalan penghubung antarkecamatan.

Sedangkan untuk jalan Winong-Pucakwangi sebesar Rp 7,5 miliar yang bersumber dari DAK penugasan. Hal itu lantaran jalan tersebut sebagai lajur utama transportasi pertanian untuk menyokong ketahanan pangan nasional.

“Keduanya direncanakan untuk penanganan jalan sepanjang 4,5 kilometer sedangkan untuk lebarnya enam meter,” imbuhnya.

Dua proyek itu sendiri direncanakan mulai masuk lelang pada pekan depan. Sekarang ini pihaknya masih dalam proses input sistem informasi rencana umum pengadaan (SIRUP) terlebih dahulu.

“Kedua titik jalan itu memang menjadi salah satu prioritas penanganan jalan. Terlebih sebagai jalan antar kecamatan. Jalan Jaken- Jakenan bahkan sebenarnya masuk dalam rencana pengerjaan di tahun lalu namun terkendala adanya refocusing,” katanya.

Diharapkan dengan adanya penanganan bisa semakin membuat kenyamanan dan keamanan masyarakat serta meningkatkan perekonomian. Terlebih untuk jalan Winong – Pucakwangi yang memang disiapkan untuk penguatan ketahanan pangan yakni daerah lumbung padi.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editir: Supriyadi

Comments
Loading...