Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kudus Tambah Kapasitas Ruang Isolasi Pasien Covid-19, Kini Punya 355 Tempat Tidur

Tim medis saat melakukan simulasi penanganan pasien virus corona di RSUD Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus mulai menambah kapasitas isolasi dan ICU isolasi untuk merawat pasien corona dalam dan luar Kudus. Jumlah tempat tidur (TT) di ruang isolasi maupun ICU kini ada sebanyak 355.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk mendukung Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang tengah berlangsung di Kabupaten Kudus. Serta apabila terjadi lonjakan kasus rujukan dari luar kota.

Dalam  Surat Edaran Bupati Kudus Nomor 800/024/26.00/2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sendiri, DKK memang diminta untuk menambah kapasitas TT isolasi dan ICU sebanyak 30 persen.

“Untuk saat ini, sudah bertambah sebanyak 355 TT, itu termasuk TT ICU isolasi,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dr Andini Aridewi, Kamis (21/1/2021).

Andini mengatakan, Kudus sendiri sebenarnya telah menambah kapasitas TT sejak pertengahan pandemi. Sebelum pemberlakuan PPKM sendiri, jumlah TT isolasi dan TT ICU isolasi terbilang sudah mencukupi.

“Sebelum PPKM sudah ada 317 tempat tidur isolasi dan sebanyak 18 tempat tidur ICU isolasi,” ujarnya.

Sementara saat ini, kapasitas tempat tidur isolasi masih tersedia sekitar 30 persen. Sementara 70 persen sisanya, tengah digunakan pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan.

Andini merincikan, untuk rumah sakit yang kini tengah menangani pasien Covid-19 adalah RSUD Loekmono Hadi, RS Mardi Rahayu, RS Aisyiah dan RSI Sunan Kudus. Selain itu, pasien juga dirawat di RS Kumalasiwi, RS Nurus Syifa, serta RS Kartika Husada.

Sementara hingga berita ini diturunkan, kasus total pasien terkonfirmasi corona di Kabupaten Kudus kini menyentuh angka 4.458 kasus. Dari jumlah tersebut ada sebanyak 120 pasien dirawat dan 358 pasien menjalani isolasi mandiri.

Dari jumlah tersebut juga, sudah ada sebanyak 3.556 pasien yang dinyatakan sembuh. Serta sebanyak 424 pasien sisanya meninggal dunia dengan status positif Covid-19.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...