Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Grobogan Tetapkan Pasangan Sri-Totok Jadi Cabup dan Cawabup Terpilih

Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto menerima berita acara penetapan calon bupati dan wakil bupati Grobogan terpilih. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Grobogan menggelar rapat pleno terbuka, Kamis (21/1/2021). Agendanya kali ini adalah penetapan pasangan Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto (Totok) sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan terpilih dalam Pilkada 9 Desember 2020 lalu.

Rapat pleno terbuka dipimpin Ketua KPU Agung Sutopo. Hadir dalam kesempatan itu, pasangan Sri-Totok didampingi Ketua Tim Pemenangan Agus Siswanto, perwakilan partai pengusung, dan Ketua Bawaslu Fitria Nita Witanti.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo mengatakan berdasarkan surat dari panitera Mahkamah Konstitusi RI Nomor 165/PAN.MK/01/2021 tertanggal 20 Januari 2021 perihal keterangan perkara PHP-Gub/Kab/Kota 2021, tidak ada pengajuan permohonan perselisihan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan.

”Berdasarkan surat tersebut, Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto, tata letak kanan dengan perolehan 597.463 suara, ditetapkan sebagai calon terpilih,” kata Agung.

Usai penyampaian berita acara penetapan calon bupati-wakil bupati terpilih, dilakukan penandatanganan oleh komisioner KPU Grobogan. Kemudian, berkas tersebut diserahkan pada calon terpilih, tim pemenangan, perwakilan partai pengusung, dan Bawaslu.

Seperti diketahui, dalam Pilkada Grobogan tahun 2020 lalu hanya terdapat paslon tunggal. Yakni, pasangan Sri-Totok.

Dalam Pilkada itu, ada 1.114.536 orang yang masuk dalam daftar pemilih tetap. Dari jumlah ini ada 708.614 orang yang menggunakan hak pilihnya atau 63,58 persen.

Sedangkan jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya ada 405.922 orang atau sekitar 36,42 persen.

Dari rekapitulasi yang dilakukan, untuk kotak kosong mendapat 93.776 suara atau 13,56 persen. Sedangkan paslon Sri-Totok meraup 597.463 suara atau 86,44 persen. Kemudian ada 17.375 suara yang dinyatakan tidak sah.

Sementara itu, Sri Sumarni mengaku lega karena semua tahapan Pilkada 2020 bisa terlaksana dengan aman dan lancar. Demikian pula, situasi di Grobogan juga relatif kondusif hingga saat ini.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan amanah lagi kepada saya untuk menjadi Bupati Grobogan. Mudah-mudahan kedepan, saya didampingi Pak Bambang Pujiyanto bisa membawa Kabupaten Grobogan menjadi lebih hebat lagi,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...