Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pati Usulkan 1.890 P3K Formasi Guru ke Pusat

Ilustrasi

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan  Pelatihan (BKPP) mengusulkan 1.890 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) formasi guru. Jumlah tersebut sesuai dengan kebutuhan guru yang ada di Bumi Mina Tani.

Kabid Formasi dan Jabatan pada BKPP Pati Rizki Hermanu mengatakan, jumlah tersebut adalah untuk kebutuhan guru SD dan SMP. Sebab, ini adalah program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Yang kami usulkan sesuai dengan kebutuhan guru. Tapi, ini pun nanti harus mengikuti seleksi yang dilakukan oleh Kemendikbud,” ungkapnya, Kamis (21/1/2021).

Dia menambahkan, untuk P3K ini memang ada batasan usia maksimal, yakni 58 tahun. Sekali pun, ada juga calon yang mendaftar dan usianya lebih dari 50 tahun.

“Usia 51-57 jumlahnya ada 81 orang, kemudian yang mendaftar dengan masa kerja sisa tiga tahun ada tujuh orang, yang masa kerja empat tahun ada satu orang. Sementara yang kontrak lima tahun ada 492 orang,” sebutnya.

Menurutnya, penghitungan masa kontrak ini lantaran usianya sudah di atas 50 tahun. Sehingga apabila mereka nantinya diterima menjadi P3K, masa kerjanya sesuai dengan ketentuan usia yang berlaku.

Dia menambahkan, untuk seleksi sendiri diakui tidak jauh berbeda dengan seleksi CPNS. Hanya saja, untuk ujiannya nanti diserahkan ke masing-masing kabupaten.

Ujiannya pun dengan basis Computer Assisted Test (CAT). Kemudian untuk materinya, pertama adalah Seleksi Lompetensi Dasar (SKD). Apabila SKB susah lulus, maka tahap selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Setelah semuanya selesai, maka hasil akan bisa diketahui, siapa yang lulus dan tidak,” ungkapnya.

Untuk pelaksanannya, Rizki mengaku masih menunggu surat resmi dari pemerintah pusat. Hanya saja, saat ini pihaknya sudah melakukan pendataan dan formasi yang dibutuhkan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...