Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Tiga Pelatihan di BLK Kudus Diperkirakan Sepi Peminat, Ini Sebabnya

Pelatihan mengelas di BLK Kudus belum lama ini. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kudus, membuka lima pelatihan yang didanai dari APBN tahun 2021. Dari lima pelatihan itu, tiga di antaranya sepi peminat.

Tiga pelatihan itu yakni las SMAW (Shield Metal Arc Welding), servis sepeda motor konvensional, dan pemeliharaan kendaraan ringan sistem injeksi. Prediksi ini berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya yang selalu sepi.

Sementara dua pelatihan lain yakni yang biasanya cukup banyak peminat yakni pelatihan menjahit pakaian anak dan pelatihan menjahit pakaian wanita.

Kepala BLK Kudus Anggun Nugroho mengatakan, pihaknya telah berupaya menggencarkan sosialisasi agar pelatihan yang dibuka bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Termasuk dengan memajukan masa pendaftaran.

Dari yang sebelumnya dibuka mulai 25-31 Januari 2021 menjadi 20-28 Januari 2021.

“Kami sudah informasikan lewat sosial media kami baik Facebook maupun Instagram. Soalnya untuk tiga pelatihan itu biasanya sepi. Jadi kami beri waktu yang lebih lama untuk memenuhi kuota 16 peserta tiap-tiap pelatihan,” katanya, Kamis (21/1/2021).

Anggun mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan tiga pelatihan tersebut sepi peminat. Di antaranaya, masyarakat saat ini lebih tertarik dengan pelatihan yang lebih modern.

Selain itu masyarakat saat ini enggan mencari pekerjaan yang lekat dengan hal yang kurang bersih.

“Kalau tiga pelatihan itu identik dengan oli dan asap kendaraan jadi mungkin masyarakat tidak tertarik lagi. Lebih senang pelatihan yang lebih modern,” ujarnya.

Lima pelatihan itu nantinya akan dilaksanakan mulai Senin (8/2/2021) dengan durasi 33 hari hingga 43 hari. Warga yang ingin mendaftar pelatihan dapat mendaftarkan diri melalui akun Sisnaker. Setelah itu wajib mengisi konfirmasi pendaftaran di link bit.ly/konfirmasipbk-1.

Persyaratannya yakni pencari kerja berusia minimal 17 tahun, berdomisili di Kudus, tidak sedang menempuh pendidikan formal atau sedang bekerja, belum terdaftar dalam program Kartu Prakerja, dan bersedia menjalani rapid test apabila lolos seleksi.

Pelaksanaan tes seleksi akan digelar 1-2 Februari 2021 dan pengumuman pada 4 Februari 2021.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...