Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengecer di Pati Diminta Tak Jual Pupuk Bersubsidi ke Petani yang Tak Punya Kartu Tani

Bupati Pati Haryanto saat melakukan sidak di tempat pengecer pupuk (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Bupati Pati Haryanto meminta kepada para pengecer agar tidak menjual pupuk bersubsidi kepada petani yang tak memiliki kartu tani. Pasalnya, pupuk bersubsidi ini sudah ditentukan peruntukannya sesuai rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK).

Jika itu dilanggar, ia memastikan para petani kecil akan semakin dirugikan. Terutama jika mereka terpaksa membeli pupuk non subsidi yang harganya jauh lebih mahal.

“Subsidi ini dialokasikan pemerintah untuk membantu petani, jangan sampai dirugikan. Apalagi dijual kepada petani yang tak punya kartu tani ataupu yang tak terdaftar dalam RDKK,” katanya saat sidak di kalangan pengecer, Rabu (20/1/2021).

Selain itu, ia juga meminta pengecer tidak main-main terkait alokasi pupuk bersubsidi. “Jangan sampai ada yang memainkan alokasi pupuk bersubsidi untuk petani,” tegasnya.

Penegasan ini dilakukan lantaran sebelumnya Haryanto banyak menerima aduan masyarakat terkait pupuk langka ini. Sehingga, pihaknya pun langsung melakukan inspeksi mendadak di tempat pengecer.

Sementara salah satu pengecer pupuk yang disidak oleh Bupati, yakni Suratmin mengaku sudah menjual pupuk subsidi sesuai dengan kebutuhan RDKK. Apabila ada petani yang membeli pupuk tatapi belum masuk RDKK, pihaknya pun mengarahkan untuk membeli pupuk nonsubsidi.

“Saran bupati, tadi gudangnya diminta untuk dipisah. Artinya yang untuk pupuk bersubsidi ditaruh gudaang sendiri, nonsubsidi juga ada gudangnya sendiri agar tidak ada kecurigaan masyarakat. Nanti saya akan pindahkan yang non subsidi di rumah saya. Untuk di gudang ini hanya untuk pupuk bersubsidi saja,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...