Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banjir Landa Lemahputih Grobogan, Puluhan Rumah Terendam

Rumah warga Desa Lemahputih, Kecamatan Brati tergenang banjir. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Bencana banjir terjadi di Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Grobogan, Rabu (20/1/2021). Banjir di Desa Lemahputih mulai terpantau sejak dinihari. Saat itu, kondisi air masih menggenangi areal sawah.

Dalam beberapa jam kemudian, debit air terus bertambah hingga menggenangi jalan. Tidak hanya itu, luapan air mulai memasuki rumah penduduk.

“Jumlah rumah yang tergenang masih dalam pendataan. Untuk sementara ada 23 rumah yang sudah tergenang dengan ketinggian air sekitar 10-30 sentimeter,” kata Kapolsek Brati Iptu Zainal Abidin.

Untuk warga yang rumahnya tergenang, sebagian besar masih bertahan di rumahnya masing-masing. Namun, ada beberapa orang di antaranya yang menumpang ke rumah warga lainnya.

Selain itu, luapan air juga menggenangi areal persawahan seluas sekitar 218,38 hektare. Areal sawah yang kebanjiran ini terdapat tanaman padi berusia sekitar 8-9 pekan.

Zainal menjelaskan, banjir yang menggenangi rumah warga dan areal sawah itu disebabkan tingginya curah hujan pada hari Senin (18/1/2021) malam di daerah hulu.

Yakni, di wilayah Desa Tegalsumur dan Katekan, Kecamatan Brati serta wilayah Kecamatan Grobogan. Kondisi ini menyebabkan air sungai yang melintas hingga di Desa Lemahputih meluap.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...