Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pupuk Langka, Bupati Pati Sidak Pengecer

Bupati Pati Haryanto saat melakukan Sidak di pengecer pupuk (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Banyaknya aduan masyarakat, terutama para petani terkait kelangkaan pupuk di Bumi Mina Tani, Bupati Pati Haryanto pun turun tangan. Pihaknya langsung melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di salah satu pengecer di Desa Wotan, Kecamatan Sukolilo.

Selain aduan, Haryanto pun menduga ada pupuk yang dijual sembarangan oleh pengecer. Artinya, pupuk dijual kepada petani yang tidak masuk dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

“Sebelumnya banyak yang mengadu kekurangan pupuk. Pupuk bersubsidi dijual ke orang yang tidak masuk RDKK. Karena itu saya cek langsung pengecer,” katanya, Rabu (20/1/2021).

Pada saat berada di toko pengecer, orang nomor satu di Pati itu pun langsung memantau langsung keberadaan pupuk. Dari pantauannya, pupuk yang dijual ada dua, yakni subsidi dan nonsubsidi.

“Saya minta agar pupuk ini jangan dicampur. Yang subsidi disendirikan, jadi nanti lebih enak pemilahannya,” kata Haryanto.

Menurutnya, penjualan pupuk antara subsidi dan nonsubsidi yang berada di satu lokasi, akan membuat masyarakat curiga. Karena itu, jangan sampai penempatan pupuk dicampur.

“Penjualan pupuk bersubsidi harus kepada petani yang sudah masuk RDKK. Sementara yang belum, tidak bisa mendapatkan atau menebus pupuk bersubsidi tersebut.

“Untuk sementara sampai saat ini kebutuhan di Pati masih cukup,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...