Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PKL di Kudus Disiapkan Kartu Anggota Sesuai Zonasi

PKL yang berjualan di sekitar area Stadion Wergu Wetan. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus tengah menyiapkan kartu anggota terbaru untuk para pedagang kaki lima (PKL) di Kudus. Kartu tersebut nantinya akan disesuaikan dengan masing-masing zona yang ditempati oleh PKL.

Kepala Dinas Perdanganan Kabupaten Kudus Sudiharti mengatakan, pihaknya kini tengah mendata kembali para PKL yang ada di Kudus dengan menyesuaikan zona-zona yang ditempati PKL tersebut.

“Bagi PKL yang berjualan di zona hijau, kartunya nanti warna hijau. Dan untuk zona kuning juga kartunya warnanya kuning, itu untuk mendukung pembuatan perbup penataan zona PKL yang ini sudah hampir jadi,” katanya, Rabu (20/1/2021).

Dalam kartu tersebut, juga akan terdapat foto pedagang yang akan langsung dicetak di kartu. Dengan tujuan agar foto tidak bisa diganti , tidak disalahgunakan, serta tidak akan ada lagi PKL liar yang masih berjualan.

“Foto tidak tempelan, ada tanda tangan saya, dan kode jadi tidak bisa dipalsukan. Ini juga untuk mempermudah dalam mengidentifikasi adanya PKL liar,” ucapnya.

Ia menjelaskan zona hijau yakni tempat di mana para PKL diperbolehkan berjualan sepanjang hari di suatu lokasi yang sudah ditentukan. Sedangkan untuk zona kuning yakni lokasi di mana PKL boleh berjualan dengan kurun waktu tertentu.

“Kawasan City Walk akan jadi zona hijau, setelah PKL sudah tertata nanti, zona kuning seperti di Jalan Sosrokartono, Jalan Mangga arah gang empat, dan Balai Jagong, yang hanya diperbolehkan di waktu yang sudah ditentukan. Kalau zona merah seperti di Jalan Menur,” jelasnya.

Dia berharap dengan adanya Perbup Penataan Zona PKL dan kartu anggota yang disesuaikan masinmasing zona, PKL di Kudus bisa lebih tertib dan tertata rapi.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...