Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Generasi Milenial Diajak Untuk Peduli Lingkungan

Siap Darling menggandeng kelompok tani Wonorejo menanam 5225 bibit pohon di Patiayam, Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Bakti Lingkungan Djarum Foundation kembali mengajak para generasi muda untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Khususnya keberadaan pohon sebagai produsen oksigen di bumi ini.

Oleh karena itu, dikembangkan progam Aksi Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) bertajuk #OneActionOneTree untuk menjaring generasi muda agar lebih peduli pada lingkungan dengan cara yang menyenangkan.

Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation Tania Anggriani menuturkan, Siap Darling tersebut merupakan aksi peduli lingkungan melalui unggahan di media sosial, berlari dan bersepeda untuk mengumpulkan bibit tanaman.

“Kegiatan ini dilakukan secara mandiri tanpa menimbulkan kerumunan, di mana peserta memilih salah satu aktivitas dan akan terpantau di laman web, per jarak atau per unggahan tertentu mereka akan terdaftar menyumbangkan bibit tanaman,” katanya, Rabu (20/1/2021).

Dengan mengikuti kegiatan ini, kata dia, para generasi muda turut berpartisipasi mendonasikan bibit pohon untuk menghijaukan kawasan Pegunungan Patiayam, Kudus.

“Untuk progam ini, sudah ada sebanyak 5.225 bibit pohon yang terkumpul telah disumbangkan kepada petani dan mulai ditanam di Patiayam,” lanjut dia.

Sementara secara keseluruhan, aksi pengumpulan bibit pohon yang dimulai sejak 15 November hingga 31 Desember 2020 ini berhasil mengumpulkan 11,734 bibit pohon.

Sementara Ketua Kelompok Tani Wonorejo, Mashuri menyambut baik upaya untuk menghijaukan kembali kawasan Patiayam. Apalagi, sambung dia, Patiayam yang memiliki kondisi tanah cenderung tandus dan kering.

“Tanah di sini memang cenderung bersifat tandus maka diperlukan tanaman dengan batang besar seperti pohon Mangga yang diberikan Siap Darling,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...