Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jepang Pakis Kudus Punya Pamsimas Baru, Sasar Masyarakat Menengah Bawah

Koordinator Pengurus BP-SPAMS Domas Mulia Jepang Pakis Rohmat Tutut menunjukkan jaringan pamsimas. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Desa Jepang Pakis, di Kecamatan Jati, Kudus kini memiliki jaringan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) baru. Pamsimas ini dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 lalu.

Pamsimas itu diresmikan Rabu (20/1/2021) hari ini itu nantinya disambungkan ke 250 kepala keluarga (KK) menengah ke bawah.

Koordinator Pengurus Badan Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP-SPAMS) Domas Mulia Jepang Pakis, Rohmat Tutut mengatakan, tujuan dibuatnya Pamsimas yakni melatih masyarakat agar hidup lebih bersih dan menggunakan air dengan kualitas yang lebih baik. Sebab, di daerahnya masih banyak sumur yang tercemar bakteri.

“Penduduk makin banyak dan padat. Kalau sumur kan itu dangkal. Sehingga risiko tercemarnya itu lebih besar. Kami memang mengalami sendiri kalau sumur di sini tercemar. Kalau Pamsimas itu kan pakai sumur dalam, sehingga risikonya lebih rendah. Jadi masyarakat bisa mendapatkan air yang lebih bersih dan kualitasnya lebih baik,” katanya.

Dia menambahkan, selain air yang lebih bersih dan memiliki kualitas yang lebih baik, harga yang ditawarkan untuk langganan Pamsimas lebih murah. Yakni masyarakat hanya ditarik iuran Rp 10 ribu per 0 sampai 10 meter kubik.

Besaran iuran warga itu nanti digunakan untuk membayar petugas pencatat meter air dan untuk biaya perawatan Pamsimas.

Sementara itu, salah seorang warga Dukuh Langgar Domas Desa Jepang Pakis, Subandi mengapresiasi dengan adanya bantuan Pamsimas. Sebab, dapat memudahkan dirinya mendapatkan air bersih dengan harga terjangkau.

“Sangat membantu karena biasanya kalau orang membangun rumah itu kan harus mikir buat sumur. Kalau ada Pamsimas ini kan tinggal pasang, jadi ya sangat membantu,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...