Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dana Desa Diminta Tak Dimanfaatkan untuk Kampanye Pilkades

Ilustrasi Dana Desa

MURIANEWS, Pati – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati Sudiyono mengimbau kepada pemerintah desa yang tahun ini menyelenggarakan pemilihan kepala desa (pilkades), untuk tidak memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk kepentingan kampanye calon petahana.

Sekalipun DD ini sudah penggunaannya sudah mendapatkan plot masing-masing, tetapi tetap harus ada pengawasan agar dana tersebut tidak disalahgunakan.

“Saya kira celahnya kecil, tetapi tetap harus didiperhatikan. Karena ini rawan juga,” ungkapnya, Rabu (20/1/2021).

Menurutnya, kemungkinan yang bisa menjadi celah pemanfaatan adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD. Bisa ini menjadi salah satu cara untuk menaikkan pamor.

“Tapi semuanya sudah ada prosedur. Bahkan yang mendapatkan BLT DD juga sudah melalui berbagai tahap. Masyarakat saat ini kan sudah cerdas,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, BLT DD diberikan selama 12 bulan. Pencairannya pun diharapkan bisa dikawal dengan baik, sehingga tidak ada pihak atau oknum yang menunggangi untuk kampanye.

“Jangan sampai ada pengakuan kalau bantuan tersebut adalah dari oknum calon. Karena ini bantuan dari pemerintah,” tutupnya.

Untuk diketahui, penyelenggaran Pilkades serentak di Kabupaten Pati adalah pada 10 April 2021. Sementara yang mengikuti kontestasi tersebut ada sebanyak 219 desa.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...