Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

BLT DD di Pati Cair Pertengahan Februari, Ini Alasannya

Salah seorang penerima Blt DD tengah menunjukkan uang bantuan. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Pati – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dianbilkan dari Dana Desa (DD), bulan ini belum bisa dicairkan. Hal itu lantaran saat ini masih proses penyusunan musyawarah di tingkat desa, terkait siapa yang berhak mendapatkan bantuan tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermade) Kabupaten Pati Sudiyono mengatakan, untuk bulan ini memang belum cair. Tetapi, pertengahan Februari dipastikan sudah bisa dicairkan.

“Untuk pencairan DD itu kan memang ada beberapa persyaratan, seperti desa harus sudah punya regulasi APBDes, kemudian ada nama-nama yang diusulkan untuk mendapatkan BLT DD,” katanya, Rabu (20/1/2021).

Hari ini, lanjutnya, merupakan hari terakhir pengumpulan berkas tersebut. Jika semua persyaratan belum terkumpul, ia memastikan pemerintah desa belum bisa mencairkan DD, termasuk yang akan digunakan untuk pemberian BLT DD.

“Dari data yang masuk, sudah ada sekitar 80 persen yang menyetorkan semua persyaratan. Ini kami teliti dulu, kalau ada yang kurang, kami suruh menambahi oleh pihak desa,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, BLT DD tahun ini memang sudah diprogramkam untuk 12 bulan kedepan. Setiap bulan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan mendapatkan bantuan Rp 300 ribu.

“Nanti kalau Februari cair, tentunya akan kami lakukan percepatan. Agar bantuan yang diterima sesuai dengan bulannya,” ungkap Sudiyono.

Dirinya berharap semua desa dapat proaktif untuk menyelesaikan syarat yang dibutuhkan. Sehingga nantinya DD bisa segera dicairkan. Khusus untuk BLT DD, nantinya juga bisa langsung dibagikan.

“Sesuai pengalaman tahun lalu di Pati ada sekitar 50 ribuan KPM yang mendapatkan BLT DD ini,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...