Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

CEK FAKTA: Mobil Hanyut karena Terjang Banjir di Jekulo Kudus

Tangkapan layar akun Fanpage yang memposting video mobil terseret banjir. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Beredar video sebuah mobil yang menerjang banjir kemudian hanyut terbawa arus. Dalam video tersebut juga turut terlihat sejumlah orang membantu menghentikan mobil yang terombang-ambing karena arus tersebut.

Video ini tersebar di berbagai platform media sosial, Selasa (19/1/2021). Salah satu yang menggunggahnya adalah akun Fanpage Facebook yang mengatasnamakan Taganademak.

Dalam video yang diunggah itu diberi keterangan: Banjir di Jekulo Kudus disebabkan limpasan air sungai sampai ada mobil yang terseret beruntung ada warga yang menolong.

MURIANEWS mencoba melakukan cek fakta terkait kejadian tersebut pada sejumlah narasumber terkait. Hasilnya, video berdurasi 3.43 menit tersebut dipastikan info yang keliru atau disinformasi.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Budi Waluyo memastikan hal tersebut.

Pihaknya pun dengan tegas mengatakan jika kejadian tersebut tidak terjadi pada hari ini ataupun kemarin.

“Video yang tersebar tidak benar alias hoaka,” ucap dia ketika dikonfirmasi MURIANEWS, Selasa (19/1/2021) petang.

Ia memastikan jika Kecamatan Jekulo pada hari ini tidak terjadi banjir bandang. “Karena saya baru saja monitoring di sana dan aman-aman saja,” jelas dia.

Senada, Camat Jekulo Wisnubroto Purnawarman Jayawardana juga menegaskan video tersebut tidak benar terjadi hari ini.

Wisnu menambahkan, memang benar video tersebut terjadi di Kecamatannya. Tepatnya di Desa Hadipolo. Namun, kejadian tersebut terjadi sudah beberapa tahun lalu.

“Sehingga tidak kejadian hari ini,” kata dia di sambungan telepon.

Di Kecamatan Jekulo sendiri, lanjutnya, hari ini terpantau cukup kondusif. Hanya memang jalanan yang berlubang membuat lalu lintas di jalan Kudus-Pati sedikit terganggu.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...