Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Target Dinaikkan di Tengah Pandemi, Begini Trik Disbudpar Kudus Agar PAD Bisa Tercapai

Wisata edukasi kampung lebah yang masuk dalam paket wisata di Dukuhwaringin Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus pad atahun 2021 ditarget mampu menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 3,15 miliar. Target ini meningkat drastic dari tahun 2020 sebesar Rp 1,24 miliar.

Meski demikian, Disbudpar yakin target itu bisa dipenuhi meski saat ini pandemi masih berlangsung. Terlebih realisasi pendapatan tahun 2020 mencapai 110 persen dari target atau sebanyak Rp 1,37 miliar.

Kabid Pariwisata pada (Disbudpar) Kudus Mutrikah mengatakan, meski di awal tahun ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua pekan, yang membuat sektor pariwisata tak diperpolehkan beroprasi sementara, pihaknya tetap optimistis akan mampu meraih target.

“Meski meningkat, kami tetap optimis dan semangat. Karena PAD juga akan bermanfaat untuk pembangunan, jadi kami akan berusaha semaksimal mungkin,” katanya, Selasa (19/1/2021).

Ekonomi kreatif di sekitar sektor pariwisata dirasa menjadi jurus tersendiri agar pariwisata di Kudus bisa tetap bertahan. Yakni dengan membuat inovasi-inovasi baru agar wisatawan tak jenuh saat mengunjungi sektor pariwisata di Kota Kretek.

“Kami menggerakkan desa-desa wisata yang ada di lereng Muria. Seperti di portal Colo yang selama ini menjadi andalan PAD kami, dan kini wisatawan tak hanya bisa menikmati wisata religi. Bisa wisata lain seperti Kampung Lebah hingga Wisata Agro, yang juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” ucapnya.

Pihaknya pun tak menampik bahwa sektor pariwisata saat ini memang belum kembali normal seperti sedia kala, sebelum pandemi merebak.

Meski demikian, pihaknya mendorong masyarakat pelaku wisata agar tetap semangat membangkitkan pariwisata di Kota Kretek dengan tetap memastikan sapta pesona dan protokol kesehatan berjalan seiringan.

“Aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, wisata yang berkesan harus tetap dijaga. Agar wisatawan merasa nyaman saat berkunjung wisata ke Kudus,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...