Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gelombang Tinggi, Nelayan Pati Diminta Tak Melaut

Para nelayan memarkirkan perahunya karena cuaca di lautan memburuk. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Kasatpolair Polres Pati IPTU Sutamto mengimbau kepada seluruh nelayan di Pati untuk tidak melaut dalam beberapa hari ke depan. Imbauan tersebut diberikan setelah adanya seruan gelombang tinggi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dalam rilisnya, BMKG menyebut gelombang tinggi akan terjadi di wilayah perairan Kabupaten Pati. Tercatat, potensi tinggi gelombang mencapai 1,25-2,5 meter dan bakal terjadi hingga Rabu (20/1/2021) besok.

“Kami imbau untuk tidak melaut dulu. Karena kami yang mencari korban tenggelam juga kesusahan. Besok juga prediksinya ada gelombang tinggi,” imbaunya, Selasa (19/1/2021).

Selain itu, lanjut Tamto, cuaca saat ini juga kurang mendukung untuk melaut. Terlebih bagi nelayan yang menggunakan perahu cukrik. Mereka akan sangat mudah diombang-ambing ombak, sehingga rawan terguling.

“Belum lagi adanya curah hujan yang cukup tinggi dan intensitasnya yang cukup lama. Sedianya para nelayan untuk mengutamakan keselamatan terlenih dahulu,” ungkapnya

“Nanti kalau gelombang sudah setabil, silahkan melaut. Tapi untuk kali ini, jangan dulu melaut, bahaya,” imbuhnya.

Sementara bagi nelayan yang sudah berada di laut lepas, sedianya untuk memperketat keamanan. Apabila gelombang sudah mulai meninggi, diharapkan untuk merapat ke pulau terdekat.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...