Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cegah Pungli, Dishub Kudus Segera Berlakukan Pembayaran KIR Elektronik

Petugas Dishub Kudus melakukan pengecekan kelayakan kendaraan. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus bakal menerapkan e-KIR atau sistem elektronik uji kelayakan kendaraan.  KIR elektronik tersebut, nantinya bakal berlaku saat proses pembayaran, sehingga mencegah potensi pungutan liar (pungli).

Dishub juga sudah melakukan koordinasi dengan salah satu bank yang akan menjadi mitra pembayaran nontunai.

“Transaksi pembayaran nanti akan melalui nontunai, Kami sudah kerja sama dengan Bank Jateng,” katanya, Senin (18/1/2020).

Lebih lanjut, pihaknya juga sudah mengkoordinasikan dan meminta izin terkait pemberlakuan e-KIR kepada Plt Bupati Kudus. Rekening yang diperuntukkan untuk menampung pembayaran juga telah dipersiapkan.

“Pak Plt Bupati juga sudah mengeluarkan surat untuk rekening penampungan, yang nanti bisa untuk menarik dan menampung pembayaran,” ucapnya.

Pihaknya berencana akan mulai memberlakukan e-KIR tersebut pada bulan depan. Ia menyatakan skema proses uji kendaraan yang akan berbeda nantinya hanya di proses pembayaran saja.

Insyaallah Februari 2021 kami mulai. Pendafataran, pengecekan fisik masih tetap sama, kendaraan juga harus datang. Hanya sistem pembayaran yang berbeda,” ungkapnya.

Penerapan sistem e-KIR  diharapkan mengurangi dan menghindari adanya  pungli. Sistem e-KIR juga diharapkan bisa membuat  pelayanan lebih transparan, cepat, dan lancar.

“Saat ini masih kami koordinasikan secara intens kembali dengan Bank Jateng. Sebentar lagi setelah semua selesai kami pastikan e-KIR bisa berlaku,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...