Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Foto Bareng Pengantin Tanpa Masker Viral di Medsos, Begini Klarifikasi Bupati Pati

Klarifikasi Bupati Pati Haryanto di Instagram. (MURIANEWS/Tangkap Layar)

MURIANEWS, Pati – Foto Bupati Pati Haryanto tak pakai masker bersama dengan sepasang pengantin, viral di jagat maya. Bahkan, banyak warganet Bumi Mina Tani yang menghujat.

Apalagi, saat ini masih masa pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang tidak membolehkan adanya hajatan resepsi pernikahan.

Sontak, postingan yang diunggah oleh akun @Kenton di grup facebook Komunitas Anak Asli Pati (KAAP) Pada Minggu (17/1/2021) itu pun diserbu warganet. Dalam waktu 56 menit setelah diunggah, sudah ada 4.593 komentar dan 6.060 yang menyukai. Hanya saja, tak lama postingan itu pun dihapus.

Setelah ditelusuri, foto tersebut diambil pada Minggu siang, saat Bupati menjadi saksi ijab kabul di Desa Ketitangwetan, Kecamatan Batangan. Bupati Haryanto pun membenarkan hal tersebut. Bahkan di akun instagramnya @haryantoshmmmsi, dia secara langsung menulis klarifikasi.

Baca: Viral Foto Bupati Pati Menghadiri Pernikahan Tak Memakai Masker, Langsung Dihujat Warganet

“Acara yang saya hadiri tersebut adalah hanya prosesi ijab antara mempelai dan penghulu, acara tersebut menaati prokes demi keamanan. Penghulu dan mempelai juga mengenakan face shield, masker, dan sarung tangan saat acara ijab berlangsung,” tulisnya.

Kemudian pada saat sesi foto, dirinya mengaku sempat membuka masker. Itu pun karena ia diminta oleh pihak mempelai agar wajahnya kelihatan.

“Pada saat sesi foto, memang sempat saya lepas sebentar untuk memperlihatkan wajah saya atas permintaan mempelai agar memiliki kenang-kenangan, namun setelah itu tentu saya pakai lagi maskernya,” imbuh Haryanto.

Saat dikonfirmasi, Haryanto menjelaskan, bahwa acara ijab kabul itu memang diselenggarakan pada Minggu (17/1/2021) siang.

“(Foto) Minggu siang, waktu saya jadi saksi ijab kabul di Ketitang Wetan. (Di sana) tidak ada resepsi (hanya ijab kabul) karena prokes (protokol kesehatan) ketat,” katanya saat dikonfirmasi.

Dia pun berharap masyarakat tidak mengalami disinformasi atas unggahan tersebut.

“Anehnya yang di-upload yang pas tidak memakai masker. Sedang foto yang pakai masker tidak di-upload,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...