Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Serua, Tempat Ngopi di Kudus yang Suguhkan Ornamen Jawa

Bangunan joglo menjadi daya tarik di Serua Coffee and Creative Space. (MURIANEWS/ Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Kota Kretek tak pernah kehabisan tempat ngopi. Salah satu tempat ngopi terbaru di Kudus ada di Serua Coffee and Creative Space yang terdapat di Jalan Lambao RT V, RW IV Desa Singocandi, Kota, Kudus.

Tempat ngopi sambil menikmati ornamen Joglo disajikan di sini. Tempat ngopi berbentuk Joglo itu dipilih lantaran pemilik Serua ingin nguri-uri budaya Jawa.

Selain joglo sebagai daya tarik utama, deretan kursi dari kayu tampak menghiasi area joglo. Di situ juga disediakan beragam alat musik yang boleh digunakan bagi masyarakat yang berkunjung.

Mengingat situasi yang saat ini sedang pandemi Covid-19, tanda silang juga ditempel di beberapa kursi yang ada di area Joglo. Tempat cuci tangan juga disediakan oleh pengelola Serua Coffee and Creative Space.

Barista di Serua Coffe and Creative Space tengah menyiapkan sajian kopi. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Ayah dari pemilik Serua Coffee, Djoko Saptono mengatakan tempat ngopi berbentuk joglo dipilih karena ingin melestarikan budaya Jawa.

“Kebetulan saya asli Solo dan ingin nguri-uri budaya Jawa. Jadi kami bangun joglo ini. Tujuannya bisa menjadi tempat ngumpul sambil ngopi, belajar dan berkreasi. Kan bisa dilihat ada alat musik juga yang kami sediakan untuk berkreatifitas,” katanya, Sabtu (16/1/2021).

Pemilihan joglo lantaran dia memikirkan tempat untuk digunakan masyarakat sebagai tempat bertemu dan diskusi. Pemilihan nama Serua juga tidak lepas dengan makna bersua.

“Serua itu sebenarnya punya makna bersua di Serua. Maknanya itu berjumpa dan sejalan. Yang bisa ditemui di Serua Coffee and Creative Space ini,” sambungnya.

Tempat ngopi yang dibuka sejak 10 November 2020 itu menyajikan beragam menu yang biasa menjadi favorit kaum milenial. Mulai dari espresso, japanesse ice coffee, kopi susu aren, dan beberapa menu lainnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...