Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Melihat dari Dekat Bus Double Decker Sukun yang Viral

Interior Mewah Bus Sukun Bikin Penumpangnya Betah

Kemewahan bus PR Sukun buatan karoseri Laksana. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Perusahaan Rokok (PR) Sukun memang memilih desain eksterior bus tingkat barunya dengan minimalis. Namun dari segi interior, mereka benar-benar menyulap bagian dalam penumpang dengan sangat drastis dan super nyaman.

MURIANEWS berkesempatan untuk menjajal masuk ke dalam bus besutan karoseri Laksana dengan seri SR2 Double Decker tersebut. Kesan pertama yang terlintas adalah luasnya pintu masuk otomatis bus itu.

Direktur Utama Sukun Transport Logistik Adhimsa Yusuf Wartono memang mengatakan jika pihak Sukun meminta karoseri untuk memperlebar pintunya.

Tujuannya, agar bisa ditambahkan akses untuk difabel. “Pintu masuk ini kita order secara khusus dengan lebar 90 cm agar pengguna kursi roda bisa naik tanpa kendala,” kata pria yang pernah menekuni ilmu logistik di Jerman ini, Jumat (15/1/2021).

Memasuki ruang penumpang VVIP, konsep super luxury benar-benar memanjakan mata. Di lantai ini hanya tersedia enam kursi saja. “Namanya juga juga VVIP. Jadi kami fokuskan pada kenyamanan yang tinggi,” terangnya tersenyum.

Ruangan merokok bus PR Sukun tampak nyaman dengan pintu gesernya. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Pemilihan kursinya benar-benar detil. Mulai dari desain kursinya, sistem sandaran kepala dan lipatan kaki, hingga pemilihan bahan kulit sintetis warna soft blue yang elegan.

Finishing lantai dan dinding bus pun benar-benar selaras. Sehingga mata benar-benar dimanjakan oleh interior yang menawan.

Baca: Turbodiesel Enam Silinder dari Mercedes Jadi Dapur Pacu Andalan Dream Bus Sukun

Dari segi hiburan, kabin bagian bawah dilengkapi dengan dua televisi 32 inci di sisi kanan dan kiri yang bisa menampilkan jalan di bagian depan. Sehingga bisa mengurangi rasa mabuk perjalanan.

“Televisi juga bisa disambungkan karaoke dengan perlengkapan audio lokal yang mumpuni dan bagus,” sambungnya.

Himsa menambahkan, pada lantai satu bus juga terdapat toilet, kabinet untuk  menyimpan barang-barang, hingga tempat untuk mengeset coffe maker.

Baca: Desain Eksterior Minimalis Bikin Bus Double Decker Sukun Makin Elegan dan Macho

Sementara untuk lantai dua bus, dilengkapi dengan 34 kursi penumpang. Yang menyita perhatian di lantai ini adalah keberadaan smoking area yang eksklusif.

“Mulai dari penggunaan pintu geser untuk menghemat ruang, adanya dua penyaring udara, dan tanpa adanya AC, karena kalau ada lubang AC, asap akan masuk kesana dan menyebar ke seluruh ruangan bus,” rinci alumnus UII Jogja ini.

Kapasitas ruang merokok juga terbilang cukup besar, yakni muat dua sampai tiga orang. “Cukup nyaman dan ada fungsi yang tidak kami duga, yakni bisa digunakan untuk menghangatkan badan bagi yang kedinginan. Karena memang sistem AC-nya dirancang agar dinginnya merata di lantai bawah dan atas,” jelasnya.

 

Reporter: AnggaraJiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...