Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Melihat dari Dekat Bus Double Decker Sukun yang Viral

Desain Eksterior Minimalis Bikin Bus Double Decker Sukun Makin Elegan dan Macho

Bus tingkat PR Sukun terlihat elegan dari depan. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Desain eksterior pada bus ikonik milik PR Sukun bisa dibilang enggak neko-neko. Hanya dengan sentuhan warna biru khas pabrik rokok tersebut, lengkap dengan logo PR Sukun, memunculkan kesan berkelas.

Keberadaan tanda tangan bertuliskan Wartono yang berasal dari kata Mochammad Wartono (Mc Wartono), sang pendiri PR Sukun, dengan aksen gold yang kontras dengan bodi bus, menambah kesan elegan dan eksklusif bus tingkat buatan karoseri Laksana tersebut.

Bus ikonik milik PR Sukun tersebut, benar-benar jadi bus yang tidak ada kesan komersilnya dari luar, dan super mbois.

Direktur Utama Sukun Transport Logistik Adhimsa Yusuf Wartono menjelaskan, pihaknya memang sengaja memadupadankan warna minimalis khas PR Sukun di badan bongsor si Mercedes 2542 itu.

Alasannya, adalah karena bus tersebut bisa memiliki ciri khas pabrik rokok yang telah berdiri selama 73 tahun tersebut.

Bagian belakang bus tingkat PR Sukun yang punya kesan gagah. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Proses pengecatannya sendiri, kata dia, menggunakan proses oven dengan cat metalik dan dilengkapi antigores.

“Kami memang sengaja memilih konsep yang simpel dan identik dengan PR Sukun di bagian warna bus ini,” kata dia pada MURIANEWS, Jumat (15/1/2021).

Baca: Interior Mewah Bus Sukun Bikin Penumpangnya Betah

Walau desain eksteriornya minimalis, bukan berarti teknologi dari bus tersebut minim. Himsa, panggilan akrabnya menerangkan, ada sejumlah modifikasi yang diminta PR Sukun maupun fitur baru bawaan pada bodi luar bus seri SR2 Double Decker tersebut.

“Mulai dari adanya dua kamera di bagian belakang bus untuk keamanan bus dan pengguna jalan lain, hingga varian terbaru dari lampu SR2 Double Decker ini,” lanjutnya.

Bagian lampu belakang dari bus bongsor tersebut, kata Himsa, kini tengah mendapat banyak pujian. Mulai dari fitur hingga desain yang kekinian.

“Ada dua lampu di kanan dan kirinya, yang sisi luar atau yang kecil adalah untuk lampu sein. Kemudian untuk lampu bagian dalam adalah lampu rem, ini yang kemarin jadi perhatian bus mania,” jelas dia seraya menunjukkan bagian yang dimaksud.

Baca: Bus Keluarga Wartono yang Kini Jadi Ikon Perusahaan Rokok Sukun

Lampu-lampu baru dan khas karoseri Laksana juga terpasang di bagian samping kanan kiri atas bus dan belakang bagian atas bus. Khusus untuk bagian depan, karoseri Laksana menambahkan LED putih baru untuk menambah kesan terangd ari bus tingkat tersebut.

Pemilihan ban tubeless Michelin X Multi 295/80 R 22.5 yang membungkus velg Alcoa, semakin menambah penampilan bus ini jadi semakin macho.

 

Reporter: AnggaraJiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...