Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jepara Butuh 700 Ribu Lebih Vaksin Covid-19

MURIANEWS, Jepara – Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara (DKK) sudah melakukan pendaataan mengenai jumlah orang yang perlu divaksinasi Covid-19. Sesuai dengan kebutuhan, pendataan yang dilakukan menunjukan 700.338 orang di Jepara perlu divaksin Covid-19.

Kabid Pengendalian dan Penanganan Penyakit di DKK Jepara, dr M Fakhrudin menyatakan, pada tahap awal ini Jepara baru akan menyampaikan kebutuhan vaksin untuk 4.586 orang tenaga kesehatan. Sedangkan berikutnya, akan ada kelompok masyarakat lain yang akan divaksin sesuai dengan prioritas yang sudah ditetapkan pemerintah.

Dari pendataan yang sudah dilakukan, daftar kelompok masyarakat yang perlu mendapatkan vaksin adalah TNI , POLRI dan pemberi pelayanan publik sebanyak 26.624  orang. Kemudian kelompok masyarakat rentan sebanyak 365.170 orang.

Selanjutnya kelompok masyarakat pelaku ekomoni sebanyak 180.466  orang. Dan terakhir kelompok masyarakat lansia sebanyak 123.492 orang.

“Bila vaksin yang digunakan adalah vaksin sinovac yang butuh dua kali vaksin, maka kebutuhan vaksinnya tinggal mengalikan dua saja. Kira-kira butuh 1.400.676 dosis vaksin sinovac. Kami sudah mendata kebutuhan itu, tinggal nanti berapa yang akan didroping ke Jepara,” ujar dr M Fakhruddin, Kamis (14/1/2021).

Sebagai bagian persiapan dari distribusi vaksin Covid 19, Jepara sudah menyiapkan beberapa fasilitas kesehatan. Keseluruhan ada 29 fasilitas kesehatan yang akan disiapkan untuk melaksanakan vaksinasi tersebut.

Di antaranya adalah 22 Puskesmas, enam Rumah sakit dan dua klinik kesehatan masing-masing milik Polres Jepara dan Kodim 0719 Jepara.

Namun hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah pasti vaksin yang akan diterima pada tahap pertama. Vaksin yang dibeli oleh pemerintah, saat ini pendistribusiannya masih sampai di Provinsi Jawa Tengah. Kemungkinan baru pada awal Febuari akan dilanjutkan pendiristribusiannya ke masing-masing daerah/kota.

“Jadi sampai sekarang kami belum tahu Jepara akan mendapatkan berapa vaksinnya. Masih menunggu droping dari pemerintah,” tambah dr M Fakhrudin.

Seluruh Fasilitas Kesehatan di Kabupaten Jepara yang telah ditunjuk  siap menampung dan mendistribusikan vaksin dengan peralatan rantai dingin yang memenuhi standar WHO. Juga telah dipersiapkan petugas vaksinasi terlatih. Mulai awal pekan ini, DKK Jepara melakukan cheking kesiapan Puskesmas untuk melaksanakan vaksinasi.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...