Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ramai Face Shield Unik Artis, Efektifkah? Ini Penjelasannya

MURIANEWS, Kudus – Para artis kini gemar memakai face shield tanpa masker saat tampil di layar kaca tengah ramai jadi perbincangan. Apalagi tak sedikit dari mereka juga memakai face shield yang berbentuk unik.

Ada yang berbentuk love, oval, hingga jajar genjang. Face shield tersebut beberapa di antaranya juga tidak menutupi keseluruhan area wajah. Lalu seperti apa idealnya sebuah face shild?.

Direktur RS Aisyiyah Kudus dr Hilal Ariadi mengatakan, agar efektif membantu menangkal virus, face shield harus menutupi tiga area wajah. Mulai dari mata, hidung, dan mulut.

Karena menurut dia, penularan Covid-19 terjadi melalui droplet. Sehingga harus ada pengaman yang menutupi ketiga area tersebut.

“Disebutkan di jurnal bahwa saat kita tidak bicara dan hanya bernapas saja itu sebenarnya sudah mengeluarkan droplet. Apalagi saat bicara dan batuk. Droplet ketika melayang di udara itu bisa bertahan tiga hinga delapan jam,” katanya, Kamis (14/1/2021).

Dokter Hilal mengimbau, agar masyarakat menggunakan face shield yang menutupi keseluruhan area wajah hingga dagu. Hal ini untuk meminimalisir terkena droplet.

Namun, dia juga menegaskan jika face shield bukanlah pengganti masker. Sebab, face shield masih memiliki celah bagi droplet.

“Untuk proteksi tetap disarankan memakai masker. Bukan face shield. Lebih aman lagi ketika pakai face shield dan masker dipakai bersamaan. Untuk maskernya juga tidak boleh sembarangan. Harus standar seperti masker medis atau masker N95. Bukan masker skuba,” terang dr Hilal.

Baca: Efektifkah Face Shield Tanpa Masker yang Dipakai Artis di TV? Ini Penjelasan IDI Kudus

Selain itu, dia juga mengimbau agar masyarakat rutin membersihkan area di sekitarnya. Seperti pegangan pintu hingga ketersediaan ventilasi yang cukup. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dia juga menyarankan agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M. Meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Jadikan setiap diri kita itu sebagai pelindung bagi diri sendiri, keluarga, dan orang lain. Dan upayakan untuk terus hidup sehat,” tandasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...