Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PPKM, Aktivitas Bongkar Muat Hingga Pelelangan Ikan di TPI Juwana Diperketat

MURIANEWS, Pati – Pengelola Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Juwana memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes) kepada pedagang dan pengunjung yang mengikuti lelang di TPI setempat. Para pengunjung yang kedapatan tidak memakai masker bahkan tidak diperbolehkan masuk.

Ketua Tim Terpadu Wilayah Maritim IPTU Sutamto mengatakan, setiap hari dirinya bersama dengan anggota tim melakukan pengamanan, baik di TPI I, TPI II, maupun di syahbandar.

“Semua pintu masuk kami perketat. Tapi memang tidak ada pembatasan khusus, seperti pengurangan bongkar ikan,” ungkapnya, Rabu (13/1/2031).

Ia mengakui, setiap hari ada ratusan hingga ribuan pengunjung untuk bongkar ikan ataupun lelang. Karena itu, protokol tetap harus diawasi. Apabila ada yang melanggar, maka akan langsung ditindak sesuai dengan regulasi yang ada.

“Yang paling rawan adalah sopir mobil pengangkut ikan. Mereka rata-rata dari luar kota, bahkan ada juga yang dari luar pulau,” terangnya.

“Setiap masuk TPI, mereka (sopir) terlebih dahulu kami kalukan pengecekan suhu tubuh. Kalau suhu tinggi, maka tidak kami perbolehkan masuk,” ungkapnya.

Terkadang, lanjutnya, ada juga yang sampai menginap di sekitar TPI. Karena pembongkaran ikan biasanya juga berlangsung hingga malam hari.

Dia juga mengeluhkan, tidak semua pengunjung sadar akan protokol kesehatan. Padahal, di TPI tersebut rawan adanya kerumunan.

“Tidak ada pengurangan pengunjung. Setiap hari kami lakukan sosialisasi kepada para pengunjung. Ada yang melanggar, langsung kami berikan sanksi,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...