Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

DPRD Jepara Jadi Klaster Baru, 16 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

MURIANEWS, Jepara – Sebanyak 16 orang di lingkungan Kantor DPRD Jepara terinfeksi Covid-19. Mereka yang terinfeksi terdiri dari 14 staf di sekretariat DPRD Jepara dan dua anggota DPRD Jepara.

Saat ini, mereka yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 sudah masuk dalam daftar kasus baru yang direlease Satgas Penanganan Covid-19 dan menjadi klaster baru, pada Selasa (12/12/2021) malam.

Sekretaris DPRD Jepara, Deny Hendarko mengaku sudah melakukan langkah-langkah penanganan. Di antaranya adalah melakukan disinfektan di seluruh ruangan Gedung DPRD Jepara, pada Rabu (13/1/2021).

Selain itu, pihaknya juga sudah meminta semua pihak yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 melakukan isolasi mandiri. Termasuk dalam hal ini adalah mereka yang masuk dalam daftar tracing dari pengembangan kasus yang dilakukan.

“Mereka yang positif sudah melakukan isolasi. Kebanyakan isolasi mandiri karena masuk kategori OTG,” katanya.

Meski begitu, Deny menegaskan, pelayanan di DPRD Jepara tetap dibuka, namun dengan pembatasan. Mulai Rabu (13/1/2021) ini, hanya 23 persen pegawai saja yang hadir di kantor. Sedangkan separuh lebih laiinya diminta menjalani tugas dari rumah atau WFH sampai batas waktu 14 hari ke depan.

“Hanya 23 persen yang tetap masuk kantor, lainnya menjalani WFH. Memang ada 16 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Semuanya sudah diminta melakukan isolasi termasuk mereka yang masuk dalam daftar tracing,” ujarnya.

Sesuai data yang direlease Satgas Penanganan Covid-19 Jepara, klaster DPRD ini diketahui setelah salah satu pejabat di Sekretariat DPRD Jepara meninggal dunia karena Covid-19. Dari situ semua anggota dan staf yang masuk daftar tracing diswab, Kamis (31/12/2020).

Setelah menunggu 14 hari, hasil swab tersebut pun akhirnya keluar semalam dan menyebutkan ada 16 orang di lingkungan DPRD positif Covid-19.

Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif, juga membenarkan mengenai hal ini. Pihaknya pun sudah memerintahkan kepada mereka yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 wajib melakukan isolasi mandiri.

“Jika ada yang menunjukan gejala, kalau memang perlu harus segera dirawat di rumah sakit. Penanganan-penanganan lainnya, juga sudah dikoordinasikan dengan Sekretariat DPRD Jepara dan Satgas Penanganan Covid-19 Jepara,” katanya.

Sementara itu, dengan tambahan kasus baru pada Selasa (12/1/2021) malam, membuat total jumlah warga Jepara yang terkonfirmasi Covid-19 mncapai 4684 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 3.326 orang (71%) dinyatakan sembuh, kemudian 313 orang (6,68%) diketahui meninggal dan 1.045 orang (22,31%) masih menjalani perawatan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...