Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PPKM di Kudus: Hanya Boleh 50 Persen dari Kapasitas, Protokol Kesehatan di Tempat Ibadah Diperketat

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 800/024/26.00/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk pengendalian penyebaran Covid – 19 di Kabupaten Kudus.

Sejumlah pembatasan-pembatasan pun telah diterapkan selama dua pekan ke depan, hingga 25 Januari 2021. Salah satunya yakni pembatasan penyelenggaraan ibadah di seluruh tempat ibadah di Kudus selama PPKM diterapkan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus Akhmad Mundakir mengatakan, sesuai dengan surat edaran tersebut, pihaknya sudah mengimbau ke semua pengurus tempat ibadah agar melakukan pembatasan maksimal 50 persen dari kapasitas tempat ibadah.

“Itu berlaku bagi semua tempat ibadah di Kudus. Baik masjid, gereja, ataupun vihara. Sesuai intruksi, hanya diperbolehkan 50 persen dari kapasitas,” katanya, Selasa (12/1/2021).

Selain pembatasan kapasitas, pihaknya juga mengharapkan agar semua pengurus tempat ibadah bisa lebih memperketat kembali protokol kesehatan.

Terlebih, ketika sudah masuk era new normal beberapa waktu lalu, banyak masyarakat yang sudah lalai dengan penekanan protokol kesehatan.

“Memang penerapan prokes beberapa waktu sedikit longgar. Ini kami tekankan kembali agar betul-betul memperketat saat di tempat ibadah. Seperti memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, hingga pengecekan suhu tubuh,” ungkapnya.

Semua pihak pun diharapkan bisa memahami dengan kebijakan pemerintah tentang pembatasan-pembatasan tersebut.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...