Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Masuki Pekan Kedua 2021, Penambahan Kasus Harian Corona di Kudus Menurun

 

MURIANEWS, Kudus – Kasus corona di Kabupaten Kudus mulai menunjukkan grafik penurunan memasuki pekan kedua di awal tahun baru 2021 ini. Sebelumnya, kasus meningkat tajam di pekan pertama kemarin.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi menyampaikan, ada penurunan kasus terkonfirmasi selama dua hari ke belakang. Namun masyarakat tidak boleh mengendorkan penerapan protokol kesehatannya.

Pasalnya, pada Senin (11/1/2021) malam sendiri, pihaknya masih mencatat ada penambahan kasus sebanyak 35 orang, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 4.065 orang.

“Memang ada penurunan kasus beberapa hari ke belakang, tapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan,” ucap Andini, Selasa (12/1/2021).

Selain menurunnya angka kasus terkonfirmasi, pihaknya juga mulai mencatat angka kesembuhan yang naik.

“Untuk semalam, kasus sembuh bertambah 49 orang, banyak pasien yang menjalani perawatan turut sembuh,” lanjutya.

Hanya saja, pihaknya masih memiliki pekerjaan untuk menurunkan angka kematian pasien dengan status positif Covid-19 di Kudus. Andini mengatakan, sampai saat ini persentase kasus meninggal karena Covid-19 di Kudus adalah sebesar sepuluh persen.

“Ini yang masih menjadi pekerjaan rumah kami, kami akan berupaya semaksimal mungkin,” sambungnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap masyarakat bisa turut membantu dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kudus. Yakni dengan menerapkan 3M.

Yang pertama, lanjutnya, adalah melakukan social distancing (menjaga jarak sosial) dengan tidak keluar rumah kecuali untuk hal-hal yang sangat penting. Jika terpaksa keluar rumah, usahakan selalu melakukan physical distancing (menjaga jarak fisik).

“Yakni dengan menghindari kerumunan dan menjaga jarak minimal 1-2 meter dari orang lain,” ujarnya.

Kedua, tambahnya, adalah selalu memakai masker saat berada di tempat umum. Serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer.

“Minimal 20 detik terutama setelah menyentuh benda-benda yang disentuh banyak orang,” tandasnya.

Sementara secara keseluruhan, kasus corona di Kudus kini tembus 4.065 orang. Dari jumlah tersebut, sudah ada sebanyak 3.204 pasien yang sudah sembuh dari corona.

Sementara untuk pasien meninggal, kini ada sebanyak 405 orang.

Untuk kasus aktifnya sendiri, kini berjumlah sebanyak 119 pasien menjalani perawatan dan 337 pasien menjalani isolasi mandiri.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...