Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PPKM, Kudus Tutup 107 Tempat Wisata Selama Dua Pekan

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 107 objek wisata di Kabupetn Kudus ditutup mulai Senin (11/01/2021) hari ini hingga Senin (25/01/2021) mendatang. Penutupan wisata itu berdasarkan surat edaran bupati nomor 800/024/26.00/2021 terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Tempat-tempat wisata itu merupakan milik pemerintah daerah, swasta maupun desa wisata yang dikelola masyarakat.

Pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus sudah menyurati pihak-pihak pengelola tempat wisata tentang intruksi penutupan selama dua pekan ini.

“Kami mengacu pada aturan Permendagri, instruksi Gubernur Jawa Tengah dan Surat Edaran Bupati Kudus bahwa tempat wisata kami tutup,” kata Kabid Pariwisata Disbudpar Kudus Mutrikah, Senin (11/01/2021).

Mutrikah menambahkan, pihaknya juga menyurati hotel dan restoran yang terdapat di Kota Kretek. Yakni agar buka sampai pukul 19.00 saja. Selain itu untuk pengunjung resto makanan dan penginap di hotel agar diisi 25 persen dari kapasitas normal.

Lebih lanjut, perihal apakah nantinya penutupan tempat wisata ini berlanjut setelah 25 Januari 2021, masih menunggu kepastian dari pusat dan kebijakan Pemda Kudus. Hal itu bergantung pada situasi pandemi di Kota Kretek.

“Untuk saat ini yang sudah pasti tutup sampai 25 Januari. Setelah 25 Januari kami lihat dulu dinamika pandemi Covid-19 seperti apa. Terjadi penambahan kasus corona atau tidak. Tentunya kami juga menunggu instruksi dari pusat dan dari pak Plt bupati,” terang Mutrikah.

Mutrikah tidak memungkiri bahwa pentupan tempat wisata juga bakal berpengaruh pada penghasilan pedagang yang ada di area tempat wisata. Namun, pihaknya mengutamakan aspek kesehatan mengingat kondisi pandemi corona yang belum berujung.

“Berdampak bagi PKL dan pelaku wisata tentu pasti (berdampak). Karena kalau tempat wisata tutup pasti kan pendapatan mereka berkurang. Tapi kembali lagi ini demi kesehatan bersama,” ujar dia.

Mutrikah berharap dengan adanya kebijakan pemberlakuan PKM dapat menurunkan angka Covid-19 di Kota Kretek. “Harapannya dengan adanya penutupan DTW bisa mencegah penyebaran virus corona,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...