Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jam Operasional Pasar di Kudus Tetap Sama Selama PPKM, Prokes Lebih Diperketat

MURIANEWS, Kudus – Kabupaten Kudus menggelar Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai Senin (11/1/2021) hari ini. Dalam program yang digelar selama dua pekan ini sejumlah sektor dilakukan pembatasan, termasuk pembatasan jam operasional tempat usaha.

Meski demikian, jam operasional pasar tradisional tak mengalami perubahan. Lantaran jam operasional 27 pasar di Kota Kretek mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Meski tidak ada pembatasan jam operasional di pasar, untuk mencegah penyebaran Covid-19 protokol kesehatan di area pasar diperketat. Utamanya terkait 3M. Hal ini disampaikan oleh Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanto.

“Pembatasan jam operasional tidak ada. Tetap buka biasa dari pagi sampai sore jam lima. Kalau pasar yang kecil jam dua siang biasanya sudah tutup. Untuk protokol kesehatannya kami perketat. Wajib pakai masker dan cuci tangan dulu sebelum masuk area pasar,” katanya, Senin (11/01/2021).

Selain penerapan protokol kesehatan, pihaknya saat ini juga belum membuka semua pintu pasar. Hal ini bertujuan agar pasar tidak menjadi klaster Covid-19.

Per hari ini untuk Pasar Kliwon hanya membuka 11 pintu dari 32 pintu yang ada. Hal yang sama juga dilakukan di Pasar Bitingan dengan hanya membuka 7 pintu yang dibuka dari total 21 pintu.

Tak hanya itu, pembukaan pintu yang hanya sebagian juga diberlakukan di Pasar Jekulo, Pasar Brayung, dan Pasar Piji. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Harys berharap dengan adanya penerapan protokol kesehatan yang ketat, pasar tidak menjadi kluster penyebaran virus Covid-19. “Harapan kami supaya tidak terjadi kluster baru di area pasar,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...