Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembangunan Fasilitas Bandara Ngloram Blora Dilanjutkan, Bakal Terintegrasi dengan Kereta Api

MURIANEWS, Blora – Pembangunan Bandara Ngloram di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora tahun ini terus dilanjutkan. Salah satunya adalah perpanjangan runway menjadi 1600 m x 30 m, dan penyelesaian pembangunan terminal penumpang.

Kepala Satuan Pelaksana Bandara Ngloram Abdul Rozaq mengungkapkan, pada tahun 2020 (tahap 1) telah dilakukan sejumlah pembangunan. Mulai dari pembangunan landas pacu (runway) sepanjang 1500 m x 30 m, taxiway, dan apron.

Selanjutnya, pemasangan pagar, pemasangan Airfield Lighting System (AFL) dan terminal penumpang seluas 2.850 meter persegi yang saat ini masih dalam proses pembangunan (progress 35%).

“Untuk tahun 2021 (tahap 2) akan dilanjutkan sejumlah pembangunan. Mulai dari perpanjangan runway menjadi 1600 m x 30 m, penyelesaian pembangunan terminal penumpang dan pemasangan peralatan X-ray. Berikutnya, pembangunan gedung kantor, gedung PKP-PK, pembuatan jalan akses masuk dan pelataran parkir terminal,” katanya, Senin (11/1/2021) .

Abdul Rozaq menyebut, pihaknya juga mengusulkan kembali kegiatan tahun 2020 yang dibatalkan karena kendala pembebasan lahan. Mulai dari pembuatan gedung operasional sebanyak empat unit, pembangunan tempat ibadah, gedung kantor, dan tempat parkir kendaraan.

Dia menyebut, sesuai Keputusan Menteri Perhubungan Nomor Km 31 Tahun 2019 tentang Penetapan Lokasi Bandara Ngloram, pembangunan Bandara Ngloram baik di sisi udara dan sisi darat akan dikerjakan dalam empat tahap pembangunan.

“Tahun 2018, Bandara Ngloram adalah bandara milik PT Pertamina yang diserahkan oleh Kementerian ESDM kepada kepada pemerintah daerah dan selanjutnya pemda menyerahkannya kepada Kemenhub untuk dibangun menjadi bandara komersil,” terangnya.

Selain itu, Bandara Ngloram menjadi bandara komersial untuk menjadi alternatif konektivitas dan askesibilitas bagi masyarakat di Blora, Bojonegoro dan sekitarnya. Harapannya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Nantinya bandara ini juga akan terintegrasi dengan moda transportasi lain, yakni kereta api.

“Ke depan, aksesibilitas dari dan menuju Bandara Ngloram tidak hanya dapat diakses melalui jalan, tetapi juga terintegrasi dengan moda kereta api. Rencannya akan dibangun moda transportasi kereta api menuju bandara melalui Stasiun Kapuan, Cepu,” bebernya.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...