Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Tambah Kapasitas Ruang Isolasi, Antisipasi Lonjakan Pasien Rujukan

 

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus akan menambah jumlah tempat tidur ruang isolasi dan tempat tidur ICU isolasi di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 sebanyak 30 persen.

Kabupaten Kudus sendiri, kini diketahui memiliki sebanyak 317 tempat tidur isolasi dan sebanyak 18 tempat tidur ICU isolasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKK Kudus dr Andini Aridewi mengatakan, Kudus sedari awal memang terus menambah kapasitas ruang isolasinya. Jumlah tersebut pun terbilang sudah cukup aman untuk saat ini.

Hanya, kata dia, pihaknya tetap akan berupaya menambah jumlah kapasitas ruang isolasi maupun ICU untuk antisipasi lonjakan kasus. Terutama dari pasien-pasien rujukan dari luar daerah.

Langkah tersebut juga dilakukan untuk menyesuaikan Surat Edaran Bupati Kudus nomor 800/024/26.00/2021 tentang Pemberkuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mulai berlaku Senin (11/1/2021) besok hingga 25 Januari 2021 mendatang.

“Kudus sedari awal terus menambah kapasitas tapi akan kami upayakan untuk menambah kapasitas lagi,” ucap Andini ketika dikonfirmasi via telepon, Minggu (10/1/2021) petang.

Pihaknya pun berharap masyarakat benar-benar bisa menerapkan protokol kesehatan ketat selama masa PPKM berlangsung. Dengan tujuan tidak adanya penambahan kasus yang besar, sehingga daya tampung rumah sakit masih ada di taraf aman.

Para pasien yang kini tengah dirawat di rumah sakit juga terus diupayakan kesembuhannya. Oleh karena itu pihaknya berharap semua pasien yang menjalani isolasi mandiri untuk tetap bisa menerapkan isolasinya dengan maksimal.

“Hal tersebut guna mencegah penularan corona yang lebih luas lagi,” tandasnya.

Baca: Kudus Gelar PPKM Mulai Besok, Ini Sektor-Sektor yang Dibatasi

Sementara hingga berita ini diturunkan, kasus total pasien terkonfirmasi corona di Kabupaten Kudus kini menyentuh angka 3.975 kasus. Dari jumlah tersebut ada sebanyak 124 pasien dirawat dan 344 pasien menjalani isolasi mandiri.

Dari jumlah tersebut juga, sudah ada sebanyak 3.104 pasien yang dinyatakan sembuh. Serta sebanyak 403 pasien sisanya meninggal dunia dengan status positif Covid-19.

 

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...