Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banjir Sempat Genangi Puluhan Rumah, Tanggul Jebol di Tenggeles Kudus Mulai Dibangun

MURIANEWS, Kudus – Tanggul Sungai Piji di Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kudus, jebol pada Sabtu (9/1/2021) malam. Tanggul tersebut jebol lantaran curah hujan yang cukup deras hingga sore hari dan terkikisnya bagian tanah bawah oleh air.

Puluhan rumah warga pun sempat tergenang, namun tak membutuhkan waktu yang lama air tersebut pun perlahan mulai surut setelah hujan mereda.

Dari pantauan MURIANEWS di lapangan Minggu (10/1/2021), Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), TNI-Polri dan warga setempat bergotong-bergotong royong untuk membangun kembali tanggul tersebut.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo yang datang ke lokasi mengatakan, jebolnya tanggul tersebut sebab adanya kiriman air yang cukup deras dari hulu dan mengakibatkan abrasi di dasar sungai. Sehingga rumpunan bambu yang berada di sebelah tanggul itupun juga terbawa air.

“Ini antusiasme warga dan TNI-Polri, BBWS, dan intansi lain yang membantu untuk pembangunan kembali tanggul itu,” katanya saat meninjau jebolnya tanggul Minggu (10/1/2021) siang.

Yang menjadi kendala, lanjut Hartopo, tidak ada akses yang bisa untuk jalan masuk alat berat. Sehingga semuanya dillakukan secara manual dan akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

“Mudah-mudahan bisa segera selesai. Laporannya semalam itu sudah surut, tapi tetap kami imbau bisa segera menyediakan tempat pengungsian, tenaga kesehatan, dan dapur umum. Selain untuk mengantisipasi bencana, juga bisa untuk membantu saat pandemi seperti ini,” ucapnya.

Sementara Danis Handoyo, Pelaksana Sungai BBWS Pemali Juana menjelaskan tanggul darurat yang dibangun tersebut berbahan material tanah timbunan, sandbag, bambu, dan juga anyaman bambu.

“Dengan ukuran 10×3 meter, kami usahakan sesegera mungkin terselesaikan. Penyebab jebolnya itu memang dari tidak kuat menahan air sungai dari hulu, tergerus air terus menerus yang akibatnya jebol,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...