Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Atlet Pencak Silat Kudus Gabung Pelatnas, Pasang Target Emas di SEA Games 2021

MURIANEWS, Kudus – Atlet pencak silat asal Kudus, Safira Dwi Meilani bergabung dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) proyeksi SEA Games 2021 yang akan digelar di Vietnam.

Target emas menjadi buruan perempuan yang akrab disapa Safira itu. Untuk mewujudkan targetnya itu dia berlatih dan mempelajari gaya main lawan lewat video.

Berawal dari juara I Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2019, Safira dipanggil untuk mengikuti Pelatnas pada Oktober 2020 lalu. Saat ini dia berada di Padepokan Pencak Silat Indonesia, Jakarta Timur.

Target emas diusung oleh perempuan kelahiran Kudus,18 Mei 2000 itu di Sea Games Vietnam yang rencananya digelar pada November 2021 mendatang.

“Saya turunnya di nomor tanding kelas B putri 50-55 Kilogram. Di SEA Games nanti formatnya sistem gugur,” katanya saat dihubungi MURIANEWS, Sabtu (9/01/2021).

Untuk mewujudkan target emas, perempuan yang saat ini masih menempuh studi semester V di Unnes Semarang itu rutin berlatih di Pelatnas. Latihan digelar Senin hingga Sabtu. “Kalau pagi latihan fisik, kekuatan dan kecepatan. Sorenya teknik,” terang dia.

Selain itu, bersama pelatihnya dia mempelajari gaya bermain lawan dari tiap-tiap negara peserta SEA Games. Salah satunya saat atlet pencak silat dari negara-negara Asia Tenggara berlaga di SEA Games 2019 lalu.

“Lihat gaya bermain lawan. Terus kita belajar cara mengantisipasinya. Misal lawan memiliki kelebihan tendangan sabit kanan. Nah, kami bisa antisipasi dengan bantingan, tangkisan, atau pilih menyerang duluan,” ujarnya.

Mendapat kesempatan dipanggil Pelatnas dan diproyeksikan berlaga di SEA Games membuat Safira tak mau menyia-nyiakan peluang tersebut.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...