Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PSBB Jawa-Bali, Ganjar Juga Berlakukan PKM di Pati, Kudus dan Magelang

MURIANEWS, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menggelar rapat koordinasi persiapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dan paparan New Jogo Tonggo di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jumat (8/1/2021). Hasilnya, Kabupaten Pati, Kudus dan Magelang akan diikutkan dalam PKM tersebut.

Hal ini karena tiga daerah tersebut, mempunyai risiko tinggi terhadap persebaran virus corona. Sehingga, sekalipun oleh pemerintah pusat tidak ditetapkan masuk dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau PKM Jawa-Bali, namun oleh Ganjar diikutkan dalam program ini.

“Terkait persiapan PKM, kabupaten/kota lain di Jateng selain Semarang Raya, Solo Raya, dan Banyumas Raya, ternyata angka yang masih tinggi ada di Kudus, Pati, dan Magelang. Maka tiga ini akan kita ikutkan nanti,” katanya.

Ganjar juga mengingatkan, untuk kota lain yang tidak tersebut di atas, bukan berarti bebas dari PKM.

“Kabupaten/kota yang tidak disebut bukan berarti bebas. Kalau kita lihat dinamika yang ada pastinya alert. Bupati dan wali kota harus proaktif melihat perkembangannya. Daerah ini merah, langsung tutup, batasi, perketat, sambil diikuti penegakan hukum dalam hal ini operasi yustisi,” katanya.

Untuk menghadapi PSBB maupun PKM ini, Ganjar juga meminta agar Jogo Tonggo selalu dimaksimalkan. Bahkan itu dapat difungsikan untuk membantu Puskesmas melakukan tracing juga melakukan sosialisasi.

“Jogo Tonggo tadi kita review lagi untuk bisa membantu puskesmas, bantu tracing, bantu sosialisasi termasuk memberi informasi tentang vaksin sehingga nanti orang mengerti persis dan tidak takut lagi (divaksin),” ungkapnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...