Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puluhan ASN di Grobogan Kedapatan Tak Patuhi Protokol Kesehatan

MURIANEWS, Grobogan – Puluhan aparatur sipil negara (ASN) dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Grobogan kedapatan tidak mematuhi protokol kesehatan. Khususnya dalam hal pemakaian masker.

Hal itu diketahui dari kegiatan pengawasan protokol kesehatan Covid-19 yang dilakukan Satpol PP. Kegiatan pengawasan ini dilangsungan selama dua hari pada semua OPD di lingkup Pemkab Grobogan.

Kepala Satpol PP Grobogan Nur Nawanta mengatakan, dari kegiatan yang dilakukan tersebut, ada sekitar 28 ASN yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Mereka ini kedapatan tidak memakai masker atau mengenakan masker tetapi tidak benar pemakaiannya.

“Dari kegiatan pengawasan yang kita lakukan dalam dua hari ini, ternyata masih banyak ASN yang tidak mematuhi protokol kesehatan saat bekerja. ASN ini, ada di sejumlah OPD,” katanya, Jumat (8/1/2021).

Dari kegiatan pengawasan itu juga diketahui jika masih banyak OPD yang tidak memenuhi sepuluh item protokol kesehatan bagi perkantoran atau pelayanan publik sesuai Peraturan Bupati Grobogan Nomor 48 Tahun 2020.

“Dari 30 OPD, ada sekitar tujuh OPD yang sudah melaksanakan sepuluh item protokol kesehatan. Sedangkan OPD lainnya ada yang baru melaksanakan lima hingga Sembilan item protokol kesehatan sesuai dalam Perbup 48/2020,” jelas mantan Camat Grobogan itu.

Menurut Nawanta, kegiatan pengawasan di lingkungan OPD tersebut dilakukan sebagai upaya menekan penularan covid-19 dari klaster perkantoran. Adapun hasil dari kegiatan tersebut nantinya akan disampaikan pada Sekda Grobogan dalam rapat evaluasi.

“Bagi ASN yang tidak mematuhi protokol kesehatan ini, sudah kami data dan diberikan teguran lisan. Selanjutnya, akan kami sampaikan kepada Sekda Grobogan,” katanya.

Terpisah, Sekda Grobogan Moh Sumarsono menegaskan, sejak akhir Desember hingga awal 20121 ini masih banyak kasus baru Covid-19 yang muncul. Selain masyarakat, sudah ada pula pejabat dan ASN yang juga terpapar Covid-19.

“Terkait kondisi itulah, kami berharap, para ASN memiliki kesadaran, kedisiplinan dan bisa menjadi contoh masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan,” katanya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...