Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tiga Motif Gusjigang Jadi Andalan Baru Djanoer Batik Kudus

MURIANEWS, Kudus – Djanoer Batik Kudus bakal meluncurkan tiga batik cap dengan motif Gusjigang sebagai andalan baru. Yakni motif Menara Kudus, tembakau dan kopi, yang mempunyai makna erat dengan Kabupaten Kudus.

Ketiga motif Gusjigang itu direncanakan selesai pada pertengahan Februari 2021 mendatang.

Gusjigang merupakan merupakan ajaran dari Sunan Kudus yang merupakan kependekan dari Bagus, Ngaji dan Dagang dengan makna berakhlak bagus, pintar ngaji dan pandai berdagang.

Ketiga motif batik Gusjigang yang rencananya di-launching pertengahan Februari merupakan hasil pengembangan dari motif sebelumnya. Ikon Menara Kudus, tembaku dan kopi bakal kembali dihadirkan.

Namun, warna yang dipilih untuk ketiga batik itu akan menggunakan warna smooth seperti abu-abu dan biru.

“Yang pasti ikon Menara Kudus tidak saya tinggalkan. Karena itu merupakan peninggalan Sunan Kudus. Untuk tembakau saya pilih karena kebanggaan Kudus sebagai Kota Kretek. Untuk kopi sebagai simbol komoditas dari teman-teman petani kopi yang ada di lereng Muria dan Rahtawu,” kata Pemilik Djanoer Batik Kudus, Sih Karyadi, Jumat (8/01/2021).

Selain ikon Menara Kudus, tembakau, dan kopi, Sih Karyadi juga akan memunculkan motif bunga. Kali ini dia memilih bunga kantil. Menurutnya bunga kantil memiliki simbol persaudaraan.

Bagi Sih Karyadi, soal keinginannya memperkenalkan batik motif Gusjigang bukan tanpa alasan. Dia ingin agar masyarakat dapat memaknai ajaran Gusjigang.

“Batik Gusjigang ini sekaligus sebagai harapan dan kebanggaan bagi orang Kudus. Saya ingin agar slogan ini ada di hati masyarakat,” ujarnya.

Untuk per potong kain batik cap motif Gusjigang ini, Sih Karyadi mematok Rp 95 ribu hingga Rp 200 ribu. Harga itu untuk kain berukuran 2 meter x 115 sentimeter.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...