Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

BLT Dana Desa di Kudus Jalan Lagi Hingga Akhir 2021, Nominalnya Rp 300 Ribu

MURIANEWS, Kudus – Program Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) di Kabupaten Kudus diperpanjang hingga akhir 2021 mendatang. Nominal bantuannya sebesar Rp 300 ribu per penerima manfaat.

Kepala Bidang Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kudus Dian Noor Tamzis menyatakan, Kementerian Keuangan telah mengeluarkan surat keputusan tentang penggunaan Dana Desa pada 2021 mendatang. Salah satunya, adalah terkait mekanisme penyaluran Blt DD.

“Dalam peraturan tersebut menyebutkan BLT DD akan dikucurkan selama 12 bulan ke depan. Atau sampai dengan Desember 2021,” katanya, Jumat (8/1/2021).

Penyalurannya, kata dia, juga sama seperti sebelumnya. Yakni pemerintah desa (pemdes) akan terlebih dahulu melaksanakan musyawarah desa (Musdes).

“Dalam musdes tersebut akan mendata dan memprioritaskan warga yang akan menerima manfaat dari BLT DD ini,” ujarnya.

Para penerima manfaat lanjut Dian, adalah warga yang terdampak pandemi Covid-19. “Penerimanya nanti siapa saja akan dibahas lewat Musdes masing-masing desa,” jelasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 123 desa di Kabupaten Kudus telah menyelesaikan pencairan BLT DD hingga tahap sembilan. Jumlah penerima bantuan di masing-masing desa berbeda-beda, tergantung Dana Desa yang dimiliki masing-masing desa.

Untuk desa yang Dana Desanya di bawah Rp 800 juta per tahun maksimal 25 persen dialokasikan untuk BLT DD. Sementara yang menerima Dana Desa Rp 800 juta sampai dengan Rp 1,2 miliar maksimal 30 persen. Kemudian jika di atas Rp 1,2 miliar maka alokasi maksimalnya 35 persen.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...