Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

366 CPNS di Jepara Terima SK Pengangkatan

MURIANEWS, Jepara – Sebanyak 366 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil seleksi CPNS Formasi Tahun 2019 akhirnya menerima SK, Kamis (7/1/2021). SK CPNS ini disampaikan langsung oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi, di Pendapa Kabupaten Jepara.

Asisten Administrasi Umum Sekda Jepara, Sujarot mengatakan, secara keseluruhan memang ada 366 CPNS yang menerima SK. Namun dalam penyerahan di Pendapa Kartini Kabupaten Jepara, hanya 66 orang saja yang diundang hadir.

Sedangkan 300 orang lainnya mengikuti acara ini secara virtual melalui kanal YouTube Pemerintah Kabupaten Jepara. Apalagi, sejak Selasa (5/1/2021, semua CPNS sudah menghadap ke kepala unit kerja masing-masing.

Sehingga mereka yang tidak diundang secara langsung, sudah dalam status bekerja dan mengikuti acara ini di tempat tugasnya masing-masing. Keseluruhan formasi terdiri dari 247 orang tenaga guru, 71 tenaga kesehatan, dan 48 tenaga tehnis.

“Meski mendapatkan SK dengan tugas terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Desember 2020, mereka baru akan menerima gaji pokok setiap bulan terhitung mulai tanggal 1 Januari 2021. Dengan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas mulai 4 Januari 2021,” ujar Sujarot.

Sebelumnya, pada seleksi CPNS Pemkab Jepara ada 5.741 pelamar yang mendaftar. Dari jumlah itu, menyusut menjadi 5.363 setelah dilakukan seleksi administrasi. Setelah dilaksanakan seleksi kompetensi menyusut lagi menjadi 886 orang. Terakhir dari hasil seleksi kompetensi bidang, akhirnya didapatkan 366 orang yang dinyatakan diterima sebagai CPNS.

Pemkab Jepara sendiri dalam seleksi CPNS tahun 2019 membuka lowongan untuk formasi yang keseluruhan berjumlah 381. Namun dalam prosesnya tidak semua formasi itu terisi. Ada 15 formasi yang akhirnya tidak terisi. Penyebabnya ada formasi yang tidak ada peminatnya, atau ada peminatnya namun tidak memenuhi criteria yang disyaratkan.

“Ada 15 formasi yang tidak terisi pada seleksi CPNS 2019 di Pemkab Jepara kemarin. Sebagaimana ketentuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, mereka yang sudah menerima SK CPNS ini, tidak bisa mengajukan perpindahan tugas dengan alasan apapun selama 10 tahun sejak TMT pengangkatan tanggal 1 Desember 2020,” Sujarot.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta agar seluruh CPNS yang baru saja menerima SK, bisa menjadi agen protokol kesehatan (prokes) di lingkungan masing-masing. Sebagai bagian dari aparatur pelayan masyarakat, mereka harus menjadi contoh kedisiplinan menghadapi pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikannya, saat menyerahkan surat keputusan (SK) pengangkatan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kabupaten Jepara formasi tahun 2019.

“Setelah menerima SK, berarti Anda menjadi bagian pelaksana tugas pelayanan di lingkungan Pemkab Jepara. Karena saat ini tengah pandemi covid, maka anda sekalian harus ikut dalam upaya mengatasi situasi ini,” ujar Dian Kristiandi.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...