Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Terjaring Razia di Kudus, 125 Knalpot Brong Digergaji Polisi

MURIANEWS, Kudus – Satlantas Polres Kudus memusnahkan ratusan knalpot brong hasil razia pelanggaran lalu lintas. Pemusnahan tersebut dillakukan dengan cara digergaji menggunakan mesin gerinda potong.

Kaur Bin Ops (KBO) Sat Lantas Polres Kudus Iptu Upoyo mengatakan, pemusnahan knalpot brong tersebut dilakukan, untuk mendidik para pengguna jalan agar ke depannya tidak lagi menggunakan knalpot yang tak sesuai standar.

Sebab, penggunaan knalpot brong selain mengganggu ketertiban juga melanggar aturan berlalu lintas.

“Sebanyak 125 knalpot brong kami musnahkan. Penggunaan knalpot brong itu melanggar pasal 257 ayat 1 UU LLAJ. Pelanggar bisa terkena ancaman pidana maksimal 1 bulan atau denda Rp 250 ribu,” katanya, Kamis (7/1/2021)

Knalpot yang dimusnahkan itu, dari penindakan pelanggaran kasat mata di berbagai lokasi. Namun, sebagian besar kendaraan roda dua, terjaring di kawasan area City Walk.

“Yang jadi perhatian kami memang di City Walk. Semestinya untuk hiburan dan memanjakan masyarakat Kudus. Namun disalahgunakan untuk kegiatan yang kurang bermanfaat, seperti naik motor mondar-mandir tidak jelas dengan menggunakan knalpot brong,” jelasnya.

Lebih lanjut, bagi kendaraan ber-knalpot brong yang terjaring razia, pemilik kendaraan bisa mengambilnya dengan menunjukkan kelengkapan surat kendaraan, dan melengkapi aksesoris kendaraan sesuai dengan standarnya.

“Setelah knalpot standar, spion, pelat nomor, hingga kelengkapan lain yang standar dipasang, kami kembalikan ke pemiliknya. Kami juga sudah melakukan sosialisasi melarang kendaraan ber- knalpot brong, sebagai salah satu upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...