Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembangunan Tanggul Darurat Kali Gelis Kudus Capai 85 Persen

MURIANEWS, Kudus – Progres pembuatan tanggul darurat di Kali Gelis Dukuh Goleng, Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Kudus hingga Kamis (7/1/2021) hari ini, sudah mencapai 85 persen. Tim gabungan dari BBWS, BPBD, TNI – Polri, dan masyarakat hingga kini masih bergotong royong melakukan pembangunan tanggul tersebut.

“Progres hari ini sudah 85 persen, mudah-mudahan hari ini bisa selesai dan besok tinggal proses finishing,” kata Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau pembangunan tanggul darurat, Kamis (7/1/2021).

Beberapa hari lalu, lanjut Hartopo, masih ada kendala yang ditemukan saat proses pembangunan tanggul tersebut.

Seperti adanya arus deras, pengikisan tanah oleh air, hingga keterbatasan tenaga. Sebab, pihaknya mengingatkan untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak memforsir tenaga.

“Ada kendala arus deras di dasar, sehingga membuat abrasi yang terlalu dalam. Jika saat itu dipaksakan akan percuma, makanya itu kemarin ditunggu sampai arus sungai bisa tenang dan bisa dikerjakan. Kami juga kasihan tenaga yang direncanakan bisa sampai malam, tapi kami ingatkan agar tenaganya tidak terforsir,” jelasnya.

Pihaknya sangat berterimakasih dengan berbagai pihak yang terlibat. Seperti BBWS, PUPR, pihak kecamatan, desa, TNI-Polri, BPBD, hingga organisasi masyarakat yang telah membantu percepatan pembangunan tanggul.

“Kami ucapkan terimakasih karena sudah bergotong-royong membuat tanggul itu. Sehingga tidak akan ada lagi air yang menggenang di pemukiman warga,” pungkasnya

Sementara Pengawas Lapangan BBWS Pemali Juana Nisar Suci Raharjo mengatakan, pihaknya merancang tanggul darurat dengan pagar bambu yang diperkuatdengan sandbag dan geobag sepanjang 40 meter. Sehingga bisa menutup sementara tanggul yang sebelumnya jebol.

Diberitakan sebelumnya tanggul Kali Gelis itu beberapa waktu lalu jebol hingga menyebabkan ratusan rumah warga tergenang.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...